Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Aktivitas Traveling

Perut Kembung
Ilustrasi menahan sakit karena perut kembung. (Dok.iStock)
TURISIAN.comSobat Turisian, pasti pernah mengalami perut kembung setelah makan. Nah, kondisi seperti ini sering bikin ribet setelah makan banyak, kan? Apalagi pas kita sedang traveling. Bisa bikin kita ngerasa gak nyaman, mual, dan bikin jadi suka sendawa lagi.

Ngeselin banget! Tapi tenang, Sobat Turisian punya beberapa trik nih buat ngurangin masalah perut kembung abis makan gede.

Pertama, kalian harus tahu penyebabnya dulu. Nah, ini dia, kalo kalian ngindarin makanan yang bikin gas, maka masalah ini bisa dihindarin juga. Jadi jangan asal makan susu, gluten, garam, lemak, atau minuman bersoda dan berkarbonasi ya.

BACA JUGA: Terbang Pake Paralayang Bagi Pemula, Ikuti Tips Ini

Kedua, jangan asal nyemplung makanan aja. Cobain paduin makanan dengan benar. Misalnya kalian makan produk olahan susu, campurin dengan sayuran segar. Jangan tergoda sama kentang tumbuk mentega yang bisa bikin masalah di perut. Pilih aja ubi jalar sebagai alternatif yang lebih aman.

Kalo itu terlalu ribet buat kalian, ya mending makan secukupnya aja. Biar gak ketemu kejadian perut kembung.

Trik selanjutnya, makan sayur. Mendingan pilih sayuran yang banyak airnya. Kayak bayam, kangkung, bok choy, asparagus, atau lobak. Selain bikin pencernaan lancar, sayuran juga kaya akan nutrisi yang bagus buat tubuh.

BACA JUGA: Tips Bikin Steak ala Chef Stefu Santoso, Ikuti Caranya

Terakhir, jangan keseringan minum alkohol, bro. Apalagi setelah makan banyak, bisa bikin perut makin kembung. Alkohol itu kan zat inflamasi yang bikin lambat pencernaan dan nahan air di tubuh.

Jadi, bisa-bisa lu bakal merasa lesu dan perut kembung.

Makanya, jangan biarin ini gangguin hidup kalian. Coba deh terapin trik-trik di atas biar bisa makan enak tanpa ribet sama perut kembung. Tapi, kalo masalahnya gak ilang juga, gak ada salahnya buat konsultasi sama ahli kesehatan, ya. Semoga bermanfaat, bro! ***