Pantai Mertasari Dipenuhi Ratusan Layang-layang dari Berbagai Negara

Pantai Mertasari
Ilustrasi. Festival layang-layanng di pantai. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Ada pesta keren nih di Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Bali! Ratusan layangan dari negara-negara keren sedang berlomba.

Mereka datang dari berbagai negara. Seperti Philipina, Thailand, Singapura, Jepang, Malaysia, Polandia, Swedia, dan juga dari Jakarta.

Termasuk, dari Lampung, Sumatera, sama Kalimantan, ikutan meriahin Sanur International Kite Festival yang ke-16 tahun 2023 ini.

Koordinator Sanur International Kite Festival, Kadek Dwi Armika, menyampaikan  bahwa festival tahun ini seru banget! Ada acara test flying dan free flying yang bertajuk Fly for Peace.

Peserta bisa asyik-asyik aja menerbangkan layangan dengan santai sambil tetap mengusung konsep terbang untuk kebebasan. Keren kan?

BACA JUGA: Festival Payakumbuh Botuang, Merayakan Keajaiban Bambu di Sumatera Barat

Selain itu, di festival ini juga ada lomba layangan Celepuk (burung hantu) yang digelar pas sore sampe malam.

Wah, pasti seru banget liat layangan-layangan unik dan beda ukuran, mulai dari hewan, kartun, sampe kreasi-kreasi unik lainnya.

Ternyata ada bedanya loh antara pelayang luar negeri sama pelayang tradisional Bali. Pelayang tradisional Bali biasanya pake banyak orang buat bikin dan terbangin layangan gede-gede.

Semangat Gotong Royong

Semangat gotong royong-nya luar biasa! Sedangkan pelayang dari luar negeri cukup dengan satu sampai tiga orang aja buat menerbangkan layangan gede mereka.

BACA JUGA; Tiga Destinasi Kuliner ini Bikin Qatar Bergoyang di Ubud Food Festival

Gak cuma itu, Ketua Panitia Sanur Village Festival 2023, yang juga Ketua Yayasan Pembangunan Sanur,  Ida Bagus Gede Sidharta Putra, juga seneng banget dengan festival ini.

Dia bilang acara kayak gini bisa menarik perhatian wisatawan buat langsung dateng dan ngerasain sendiri, sekaligus promosiin pariwisata di Bali, khususnya di Sanur.

Emang bener, deh, dengan peserta dari negara-negara dan daerah-daerah di Indonesia yang dateng, lengkap dengan layangan khasnya. Mantap deh!

BACA JUGA: Festival Napal Jungur, Tampilkan 1.000 Lepang Terpanjang di Dunia

Gusde Sidharta juga bilang Sanur Village Festival ini keren banget, karena bisa nyatuin tradisi budaya sama kreativitas masyarakat.

Pariwisata berbasis masyarakat emang harus didukung biar daerah kita terus berkembang positif, kan?

Sanur Village Festival udah ada sejak tahun 2006 sampe 2022, dan selalu punya program-program keren yang menarik perhatian pengunjung lokal dan mancanegara.

Tahun 2023 ini udah yang ke-16, walaupun sebenernya udah berlangsung selama 18 tahun. Dua tahun terakhir gak ada karena pandemi COVID-19, tapi kita tetap pake angka 16 aja, biar kebersamaannya tetep terasa.

Seru banget kan festivalnya? Yuk, kita dateng ke Pantai Mertasari dan nikmati keseruan Sanur International Kite Festival dan Sanur Village Festival 2023 ini! ***

Pos terkait