Minuman Dawet Hitam Rini Tasikmadu, Menjadi Buruan Wisatawan

Minuman Dawet Hitam
Dawet Hitam (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Minuman dawet hitam dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini lagi ngehits banget. Banyak tersedia, di lapak-lapak pinggir jalan raya Purworejo-Kebumen, guys. Para wisatawan demen banget sama minuman ini, loh!

Nah, salah satunya adalah yang dawet hitam Rini, di daerah Tasikmadu, Purworejo. Belum lama ini, Rini bercerita disela-sela kesibukannya melayani  pembeli dawet hitam.

“Alhamdullilah ramai terus. Biasanya, lebih rame itu pas lebaran mas. Pembeli dawet hitam nambah banyak banget. Mungkin, karena banyak warga atau pemudik yang lewat di jalan ini dan mau nyobain dawet hitam,” akunya.

BACA JUGA: Bawa Makanan dan Minuman di Pesawat, Apa Saja Sih yang Boleh?

Dia bilang peningkatan pembeli terasa banget, biasanya hari-hari biasa aja dia cuma bikin cendol sekitar satu kilo tepung, tapi pas Lebaran ini bisa sampe bikin cendol sampe lima kilo tepung, bro!

Rini juga jelasin kalo cendol hitam ini pewarna alaminya dari merang yang dibakar, keren kan?

Selain itu, dawet khas Purworejo ini juga pake santan kelapa dan gula Jawa yang manis banget. Harganya juga pas, cuma lima ribu rupiah per mangkok, bro!

BACA JUGA: Nongkrong di Sekitar Pasar Kranggan, Coba Deh Kuliner Ini

“Meskipun lagi Lebaran, harga dawet hitam tetep gak naik, kita jualnya tetep lima ribu per mangkok jadi bisa dicapai semua orang,” katanya.

Ada seorang pembeli namanya Heny, dia bilang udah jadi tradisi kalo lewat perbatasan Purworejo-Kebumen ini, wajib beli minuman dawet hitam.

“Selain buat istirahat sejenak, kita juga bisa menikmati kesegaran dawet hitam yang harganya super terjangkau ini, guys!” kata Heny.

Jadi, kalo lagi lewat Purworejo-Kebumen, jangan lupa cobain dawet hitam yang hits banget ini, ya, guys! Refreshing banget, dan harganya juga gak bikin kantong bolong! ***

Pos terkait