Misteri Gunung Goong, Di Tengah Keindahan Panorama Majalengka

Gunung Goong
Keindahan hamparan sawah di Majalengka, Jawa Barat dengan latar belakang pegunungan. (Instagram/@kawitwangi)

TURISIAN.com – Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ada satu gunung keren namanya Gunung Goong. Kayak namanya, dari gunung ini bakal kedengeran suara gong yang katanya adalah pertanda ada bencana. Hmmm bener gak sih?

Setiap daerah di Indonesia pasti punya cerita tradisional yang dipercaya sama orang-orang. Nah, salah satunya ada di Desa Balagedog, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Ada bukit di desa itu yang punya misteri unik.

Cerita yang diturunin dari generasi ke generasi di Desa Balagedog adalah, katanya bukit ini bisa nyemburin suara gong buat ngasih isyarat ke masyarakat setempat. Gong itu dibilang sebagai tanda bakal ada bencana.

“Dulu katanya, pas mau ada kejadian atau bencana, suara gong dari gunung itu pasti kedengeran. Beberapa bulan setelah denger suara itu, biasanya ada kejadian. Entah itu bencana apa aja, tapi dulu memang gitu. Tapi sekarang mah udah jarang kedengeran lagi,” kata Ketua RT/RW 08/04, Jojon Jumhana.

BACA JUGA: Bandara Kertajati Majalengka Buka Kembali Rute Kuala Lumpur

Jojon bilang suara gong yang keluar dari gunung itu katanya cuma bisa didengerin sama orang-orang tertentu. Tapi seiring perkembangan zaman, suara itu jarang banget didengerin sama warga setempat.

“Aku pribadi sih belum pernah denger. Tapi katanya ada yang pernah denger. Dulu kan sering ada angin puting beliung gitu, itu sering. Katanya waktu ada puting beliung gitu, pasti kedengeran suara gong. Tapi nggak semua orang dengerin, cuma orang-orang tertentu aja,” cerita dia.

Cerita Warga

“Tapi sekarang udah jarang banget deh ada yang denger suara itu. Kayaknya udah hampir nggak pernah. Mungkin karena zaman udah beda, tapi masyarakat masih aja percaya,” tambahnya.

BACA JUGA: Segarkan Mata dengan Keindahan Terasering Bukit Panyaweuyan Majalengka

Jojon bilang, selain bisa keluarin suara gamelan atau gong, bentuk bukit itu juga mirip alat musik gong. Makanya, bukit itu disebut ‘Gunung Goong’.

“Bentuknya tuh emang kayak gong, melendung gitu. Selain sering kedengeran suara gong, bentuknya juga kayak gitu,” jelas dia.

Sementara itu, ada warga yang tinggal deket ‘Gunung Goong’, namanya Deni Marwan. Dia ngaku belum pernah denger suara gamelan atau gong dari bukit itu. Tapi dia tahu cerita mitos tentang suara itu yang udah terkenal banget.

“Ceritanya sih suka ada suara gamelan, tapi aku belum pernah denger. Mitos suara gamelan itu udah dari dulu, cerita turun-temurun gitu. Aku yang generasi sekarang juga dikasih dongeng sama orang tua,” cerita Deni.

BACA JUGA: Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Majalengka Kembali Dibuka

Dikelilingi 11 Bukit

Deni cerita gimana suara dari bukit itu. Katanya, suaranya kayak konser musik tradisional.

“Dulu emang ceritanya kental banget, entah itu karena hal mistis atau gimana. Rumahku deket Gunung Goong, tau nggak? Katanya suara gamelan itu mirip kayak orang lagi manggung, cuma kadang-kadang kedengeran juga suara gong,” jelasnya.

Oh iya, ‘Gunung Goong’ itu dikelilingi oleh 11 bukit, loh. Ada Gunung Wijung, Gunung Mastul, Gunung Koneng, Gunung Gandok, Gunung Teureup, Gunung Hanjuang.

Lalu, Gunung Koromong, Gunung Kerud, Gunung Reuneuh, Gunung Wangun, dan Gunung Rompang. Keren banget kan?

BACA JUGA: Dua Tari Topeng dari Majalengka, Sajian Kearifan Lokal yang Memukau

Pasti seru banget kalau bisa explore tempat-tempat unik kayak gitu!

Jadi, cerita tentang Gunung Goong ini memang udah lama banget dikenal di Desa Balagedog. Meskipun sekarang suara gongnya jarang kedengeran, tapi masyarakat masih percaya sama mitosnya.

Mungkin aja zaman udah berubah, tapi nggak ada salahnya kita tetap menghormati dan menikmati keindahan cerita-cerita tradisional yang ada di daerah kita, kan? ***

Pos terkait