Presiden Jokowi Segera Keluarkan Perpres Pengaturan Borobudur, Ini yang Kalian Harus Tau

Presiden Jokowi
Pengunjung Candi Borobudur antre menaiki stupa. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Nah guys, kabar terbaru nih! Presiden Jokowi lagi mau ngeluarin aturan baru nih, atau Perpres. Perpres ini bakal ngebahas tentang pembentukan satu badan yang bakal nge-handle semua urusan pariwisata di kawasan Borobudur. Keren kan?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam konferensi pers setelah rapat di Istana, Jakarta, Selasa 13 Juni 2023 mengatakan bahwa  dengan adanya badan ini–yang punya anggota dari berbagai sektor. Maka, pembangunan kawasan Borobudur sebagai destinasi super prioritas bakal cepet selesai, nih. Targetnya sampe September 2024.

Enggak cuma itu guys, Sandi juga berharap kawasan pariwisata Borobudur bisa bantu capai target kunjungan turis mancanegara.

Tahun 2023 targetnya 8,5 juta turis, dan tahun 2024 mau sampe 14 juta turis! Keren banget, kan?

BACA JUGA: Kuliner di Kampung Ujung, Pantesan Presiden Jokowi juga Kesini Bro..

Makanya, pemerintah udah ngelakuin sejumlah pembangunan infrastruktur di Borobudur. Diantaranya, Yogyakarta International Airport, jalan tol, jalur kereta api, sampe desa wisata. Biar semuanya lengkap!

Ini juga nggak cuma buat pariwisata aja, guys. Dengan pembangunan kawasan pariwisata ini, diharapkan bisa ngebuka lapangan kerja baru sebanyak 4,4 juta di tahun 2024. Mantap abis!

Menteri Erick Thohir

Bukan cuma Menteri Pariwisata yang excited, loh. Menteri BUMN, Erick Thohir, juga kasih tau kalo Perpres ini bakal bikin pengelolaan Borobudur jadi satu atap.

Paling tidak untuk “berkolaborasi” dengan Kementerian Agama, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sampe BUMN semuanya bakal terlibat, guys. Wah, mantul kan!

BACA JUGA: Ikuti 8 Tips untuk Mengikuti Perayaan Hari Waisak di Candi Borobudur Ini

Buat ngawasin semuanya, juga bakal dibentuk dewan pengawas yang anggotanya dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi. Jadi, semuanya dijaga dengan baik, guys!

Tapi, PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) tetep jadi pengelola utamanya. Mereka bakal ngerjain tugasnya dengan seimbang. Baik buat pelestarian warisan budaya, pariwisata, pendidikan, sampe urusan spiritual.

Wah, bakal ada renovasi total di Borobudur nih biar semuanya tetep terjaga dengan baik.

Jadi, kita doain aja semoga semua rencana ini berjalan lancar ya, guys! Borobudur bakal semakin ciamik dan semoga bisa bikin bangsa kita makin bangga! ***

Pos terkait