Aturan Baru Prokes Covid-19, Sudah Boleh Buka Masker, Bagaimana di Kereta Api?

Aturan Baru Prokes Covid-19
Ilustrasi. Seorang wanita muda melepas masker setelah adanya aturan baru Covid-19. (Dok. iStock)

TURISIAN.com – Pemerintah baru saja nerbitin  aturan baru prokes Covid-19, guys! Yakni, Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pasca Transisi Endemi Covid-19 yang dikeluarkan Jumat 9 Juni 2o23.

Salah satu aturannya tuh, buat yang suka jalan-jalan, baik di dalam atau luar negeri, sekarang boleh enggak pake masker.

Tapi, kalau buat perjalanan naik KRL Commuter, masih ada yang belum jelas, nih. Katanya sih, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih nungguin Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan.

Makanya, aturan prokes yang udah berlaku sebelumnya masih tetap berlaku, yang artinya tetep wajib pake masker, guys.

BACA JUGA: Keberhasilan Indonesia Tangani Covid-19 Menjadi Kampanye Sandiaga di PBB

Penyesuaian Aturan

Kementerian Perhubungan juga lagi ngadain penyesuaian aturan baru buat masyarakat terkait protokol kesehatan.

Juru bicara Kemenhub bilang lagi direvisi Surat Edarannya yang berhubungan sama syarat perjalanan dalam dan luar negeri.

Begitu terbit, mereka bakal segera sebarin ke operator dan masyarakat biar bisa jadi panduan di lapangan.

Intinya, berdasarkan Surat Edaran nomor 1 tahun 2023 itu, ada beberapa aturan terbaru yang mulai berlaku tanggal 9 Juni 2023, loh.

BACA JUGA: Waduh, Penumpang Pesawat di Bandara SMB II Masih Diminta Syarat Ini

Salah satunya, buat kamu yang suka jalan-jalan, baik di dalam atau luar negeri. Sekarang, dianjurkan buat tetep vaksinasi Covid-19 sampe booster kedua atau dosis keempat.

Terus, boleh enggak pake masker asal kamu sehat, enggak berisiko tertular atau nularin Covid-19. Tapi kalau enggak sehat dan berisiko, tetep dianjurkan pake masker ya.

BACA JUGA: Info Penting Perubahan Jadwal Kereta Api dari Bandung, Kalian Harus Catat Nih..

Jangan lupa juga bawa hand sanitizer atau sering-sering cuci tangan pake sabun dan air mengalir. Terus, jaga jarak atau hindarin kerumunan kalau lagi enggak sehat.

Dan yang penting, tetep pake aplikasi SatuSehat buat pantau kesehatan kamu sendiri.

Jadi, jangan lupa patuhi aturan baru prokes Covid-19 ini ya, guys! Kita semua harus berjuang bareng-bareng biar pandemi Covid-19 cepet selesai. Supaya, kita bisa kembali ke kehidupan normal. Stay safe and healthy, millennials! ***

Pos terkait