Curug Ciangin Cibeusi, Masuk Kandidat 75 Besar ADWI 2023

Curug Ciangin Cibeusi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meninjau Curug Ciangin di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat 7 April 2023. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Curug Ciangin di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat masuk dalam kandidat 75 besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Untuk melihat langsung kondisi destinasi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan visitasi dan penilaian lapangan ke Desa Cibeusi, Jumat 7 April 2023.

Saat melakukan kegiatan  tersebut Sandiaga Uno, didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur, Kapolres Subang AKBP Sumarni, Dandim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, Kepala Kejari Subang Akmal Kodrat, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang, Tatang Supriyatna.

Sandiaga Salahuddin Uno mengaku optimistis desa wisata akan mampu membangkitkan daerahnya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Objek Wisata Alam Subang, Dari Kawah hingga Air Panas   

Banyaknya tempat wisata khususnya wisata desa akan membuka lapangan pekerjaan berbasis wisata sehingga dapat mengurangi pengangguran.

“Tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata karena di Kabupaten Subang juga banyak sekali tempat wisata yang bagus dan indah,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Masuk 5 Besar

Sementara itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur mengatakan, seringkalinya Menparekraf datang ke Subang merupakan bukti kecintaan Sandiaga Salahuddin Uno terhadap Kabupaten Subang.

“Pada tahun 2022, pengunjung wisata di Kabupaten Subang meningkat drastis. Semoga di tahun sekarang dan tahun berikutnya lebih meningkat lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Asyiknya Liburan dan Berenang di Pantai Tanjung Cirewang Subang

Selain itu, ia pun berharap Desa Wisata Cibeusi Subang masuk ke 5 besar dalam penilaian lapangan 75 besar Desa Wisata ADWI 2023 hari ini.

Di tempat yang sama, Kapolres Subang AKBP Sumarni menyampaikan kepolisian turut mendukung agar Desa Wisata Cibeusi Subang terpilih. Utamanya,  menjadi salah satu desa yang masuk dalam Desa Wisata ADWI 2023.

“Beberapa kali Polres Subang melakukan kegiatan ekonomi kreatif di desa yang ada di Kabupaten Subang. Tujuannya membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi di desa tersebut,” kata Sumarni.

Oleh sebab itu, perlu terus berkolaborasi antara Disparpora dan DKUPP untuk memajukan perekonomian desa.

Tentunya, dengan tetap melestarikan seni budaya dan lahan-lahan pertaniannya.

BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat Keindahan Curug Cileat Subang

“Subang ini potensi wisatanya luar biasa. Jika terus dibina maka Subang tak kalah hebat dengan Bali,” ungkapnya.

“ Maka dari itu saya mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama membangun pariwisata Subang agar mampu mewujudkan Subang Jawara,” sambung Sumarni.

Sementara itu, Kepala Desa Cibeusi Wawan menyampaikan, Desa Wisata Cibeusi memiliki luas kurang lebih 1.012 hektare dengan 60 persen masih wilayah hutan.

“Desa Cibeusi memiliki kerapatan pohon yang padat dan memiliki banyak curug. Di antaranya Curug Ciangin, Curug Cibareubeuy, Curug Muara Jambu, dan masih banyak lagi, termasuk ada wisata edukasi,” Kata Wawan.

Menurutnya, Desa Wisata Cibeusi mempunyai olahan makanan tradisional unggulan. Seperti nasi liwet beras hitam, nasi liwet beras merah, peuyeum ketan, gula aren asli, dan yang lainnya. ***

Pos terkait