Sumur Welut, Alternatif Wisata di Surabaya yang Menarik untuk Dikunjungi!

Sumur Welut Surabaya
Sumur Welut Surabaya, Jatim. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Selain menawarkan wisata kota dengan taman-taman tematiknya, Kota Surabaya juga menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi. Seperti wisata air Sumur Welut salah satunya.

Objek wisata alam ini berupa waduk atau danau tersebut memiliki luas sekitar 3,5 hektare dan kedalaman waduk hingga 4 meter. Lokasinya terletak di Jalan Pesapen, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Di samping itu, di sebelah utara Waduk Sumur Welut, Sobat Turisian bisa melihat sebuah cagar budaya berupa punden dengan sebutan Punden Pesapen. Di situ ada Sumur Panguripan sebagai daya tarik utamanya. Untuk menikmati semua pesona wisata ini tidak ada biaya alias gratis.

Sumur Panguripan di Punden Pesapen tersebut menjadi kolam ikan, dengan ikon pohon beringin. Spot ini pun dapat menjadi alternatif wisata bagi Sobat Turisian yang sedang mencari suasana pedesaan.

Baca juga: Yuk Piknik Bareng Keluarga ke Tahura Jeruk Surabaya!

Saat berada di Waduk Sumur Welut ini, Sobat Turisian dapat menikmati pemandangan waduk yang sekelilingnya tumbuh pepohonan. Jalurnya melalui tepian waduk. Jangan lupa untuk ambil fofot-foto ciamik berlatar waduk atau panorama alam sekitar. Jamin hasilnya pasti instagenic banget!

Berkunjung ke sini tak hanya menyenangkan sebagai tujuan rekreasi, tapi Sobat Turisian bisa menambah wawasan mengenai salah satu cagar budaya peninggalan bersejarah. Tempat ini juga asyik buat menenangkan pikiran dan sejenak melepas kepenatan dari rutinitas perkotaan.

Kini situs cagar budaya Sumur Welut kondisinya masih terawat dengan baik. Di dalam kompleks situs ini terdapat pula beberapa kolam ikan. Lalu ada sebuah pendopo dan beberapa pohon beringin yang sebagian batangnya berbalut kain putih. Di antara beringin itu ada sebuah pohon lagi berukuran besar.

Asal-Usul Sumur Welut

Menurut cerita turun temurun masyarakat setempat, pembangunan sumur yang satu ini oleh pedagang hasil pertanian dari Gresik pada zaman Kerajaan Majapahit. Mereka membangun sumur untuk mendapatkan air minum. Terutama untuk kebutuhan minum kuda mereka yang kelelahan saat melakukan perjalanan menuju Kota Sepanjang.

Baca juga: Berburu Olahan Ikan di Sentra Ikan Bulak Surabaya, Sambil Menanti Sunset

Kemudian seiring perjalanan waktu air Sumur Welut tersebut berguna bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air minum. Hal ini karena airnya tidak pernah surut meski di musim kemarau sekalipun. Masyarakat setempat juga mempercayai air sumur ini berkhasiat daripada air sumur milik warga sekitar.*

Pos terkait