Jalur Wisata di Gunungkidul Mulai Dipetakan, Antisipasi Libur Lebaran

Jalur Wisata di Gunungkidul
Objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini menjadi tujuan favorit wisatawan saat Libur Lebaran nanti. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Jalur wisata di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dipetakan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung saat libur lebaran.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul Bayu Susilo Aji di Gunungkidul mengemukakan bahwa pihaknya bersama DPUPRKP, Kepolisian, hingga Dinas Pariwisata melakukan survei jalur mudik dan jalur wisata.

“Pemetaan jalur mudik dan jalur wisata ini sebagai dasar untuk penerapan rekayasa lalu lintas bila diperlukan. Khususnya,  saat arus mudik dan jalur wisata menuju objek wisata saat libur Lebaran 2023,” kata Bayu Susilo Aji.

Ia mengatakan berdasarkan survei dan pemetaan awal, ada berapa jalur utama mudik, alternatif hingga jalur wisata.

BACA JUGA: Objek Wisata Gunungkidul, Siap-siap Ditinggalkan Pengunjung

“Survei dan pemetaan ini untuk memastikan bagaimana kondisinya. Untuk rekayasa lalin jika terjadi kepadatan, juga untuk penambahan rambu atau himbauan serta pengarah,” katanya.

Keselamatan Pengendara

Selain itu, perbaikan fasilitas jalan baik Penerangan Jalan Umum (PJU) maupun APILL juga tengah dikebut.

Langkah tersebut untuk memaksimalkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengendara saat arus mudik dan arus balik.

“Kami juga melaksanakan beberapa operasi penegakan angkutan penumpang dan barang. Hal ini untuk memastikan kelaikan dan kesiapan angkutan nanti dalam menghadapi arus mudik,” katanya.

BACA JUGA: Telaga Kemuning Gunungkidul Sajikan Berbagai Daya Tarik yang Bikin Asyik

Selanjutnya, saat mendekati arus mudik, Dishub juga akan mendirikan posko baik terpadu maupun pos pelayanan mandiri di terminal, area perparkiran, ataupun di jalur wisata.

Sehingga pada saat arus mudik dan arus balik tiba, persiapan yang dilakukan sudah matang dan pengendara bisa nyaman dalam mudik.

“Kemudian ada juga ramcek angkutan penumpang. Dan pemasangan imbauan ataupun rambu-rambu dan pengarah tambahan di jalur utama maupun alternatif,” kata Bayu.

BACA JUGA: Jurug Gedhe, Objek Air Terjun yang Menawan di Gunungkidul Yogyakarta

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan pihaknya juga sudah melakukan pendataan jalur yang layak dijadikan jalur mudik pada tahun ini.

Selanjutnya, jalur timur, barat, dan selatan sudah didata. Jalur di zona utara memang belum.

“Sementara belum ada rencana pengalihan jalur utama, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya. ***

Pos terkait