Mencicipi 6 Takjil yang Sudah Menjadi Trademark di Bulan Ramadhan, Apa Saja?

Bulan Ramadhan
Es Dawet, sala satuh takjil yang selalu hadir saat memasuki bulan suci Ramadhan. Dok. iStock

TURISIAN.com – Makanan satu ini memang sudah menjadi trademark setiap memasuki bulan Ramadhan. Hampir semua masyarakat Indonesia menyiapkan menu ini.

Ya, Takjil adalah makanan ringan yang selalu hadir saat hendak menyantap buka puasa, sebelum mengkonsumsi makanan berat.

Seiring perjalanan waktu dan zaman, menu takjil buka puasa pun mengalami banyak ragam. Begitu pun,  takjil ini bisa ditemukan di sepanjang jalan atau membuatnya sendiri di rumah.

BACA JUGA: Breaded Chicken Strip, Andalan Subyway Selama Bulan Ramadhan

Berikut ini beberapa pilihan menu takjil kekinian yang patut Anda coba.

1. Sop buah

Sop buah menjadi menu takjil buka puasa kekinian. Takjil menjadi menu favorit karena rasanya yang manis dan segar. Cara pembuatannya juga sangat muda. Kalian hanya membutuhkan buah-buahan segar sesuai dengan selera. Buah yang biasanya dibuat sop buah diantaranya ada melon, semangka, stroberi, buah naga dan buah lainnya.

Tambahan bahan lainnya seperti sirup, nata de coco, susu kental manis, dan es secukupnya. Pembuatan es buah sangat mudah dilakukan hanya dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut.

BACA JUGA: Berburu Kuliner Ramadhan di Pasar Takjil Benhil Jakarta

Dari bahan ubi dan pisang

2. Kolak ubi

Selain es buah, kolak ubi juga menjadi menu takjil buka puasa kekinian yang bisa dibuat dengan sangat mudah. Kolak ubi memiliki cita rasa manis dan menjadi salah satu menu buka puasa paling laris. Cara pembuatan kolak ubi ini juga sangat mudah yang dibutuhkan. Yakni, hanya ubi yang sudah dipotong dadu. Dan bisa juga dengan menambahkan buah pisang agar isi kolak lebih bervariasi.

Kuah kolak bisa dibuat dari santan kelapa, gula merah, daun pandan, garam, dan air. Masak semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah kolak lalu masukkan ubi dan pisang dan masak hingga matang. Santan kelapa bisa dimasukkan setelah ubi matang. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah.

BACA JUGA: Festival Kuliner Solo Diperkirakan Bakal Sedot 25 Ribu Pengunjung

3. Es dawet

Es dawet atau yang biasa dikenal juga dengan es cendol ini merupakan salah satu menu takjil yang juga tak kalah populer dari dua menu sebelumnya. Pembuatannya juga sangat mudah hanya membutuhkan santan gula dan topping dawet itu sendiri.

Tekstur Jagung

4. Es jagung manis

Menu takjil buka puasa kekinian selanjutnya ada es jagung manis. Es jagung dibuat dari bahan jagung rebus, susu kental manis, parutan keju, dan gula putih cair.

Mirip seperti jagung susu keju (jasuke), tetapi es jagung manis ini disajikan dalam porsi besar dan jagung direbus dengan tepung maizena terlebih dahulu.

Sehingga tekstur jagung bisa lebih kental. Tambahan es batu juga menjadi pembeda antara es jagung dengan jasuke.

BACA JUGA: Bebek Bengil Ubud, Keragaman Kuliner Bali yang Disukai Para Presiden

5. Bubur mutiara

Bubur mutiara merupakan salah satu menu takjil dengan cita rasa manis dan tekstur yang kenyal. Tentu menu takjil ini menjadi makanan favorit selama buka puasa. Selain cara pembuatannya yang mudah takjil, bubur mutiara juga memiliki rasa yang nikmat.

6. Es kelapa muda

Es kelapa muda juga menjadi salah satu menu takjil yang banyak dicari selama bulan puasa. Air kelapa muda memiliki rasa manis dan segar. Biasanya selama bulan puasa banyak pedagang yang menjajakan kelapa muda di pinggir jalan.

Jika tidak ingin membeli es kelapa muda, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu hanya kelapa muda, dan gula merah atau sirup. Tambahkan es batu Jika Anda ingin menikmatinya dalam kondisi dingin. ***

Sumber: Bisnis.com

Pos terkait