49.375 Tiket Kereta Arus Balik Ludes Terjual, Lalu Berapa Lagi yang Tersedia?

Tiket Kereta Arus Balik
Dua orang melintas di antara gerbong kereta api di Stasiun Jember. (Instagram/@seno471)

TURISIAN.com – Tingginya minat masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api menyebabkan tiket kereta arus balik pun ludes terjual.

Sebanyak 49.375 tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2023 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, sudah terjual.

Padahal, Ramdahan 1.444 Hijriah baru memasuki babak awal. Namun, masyarakat yang memesan tiket kereta api terus mengalir.

“Hingga hari ini masih tersedia sekitar 36 persen tempat duduk. Yakni, dari 76.800 tempat duduk selama 10 hari masa arus balik Lebaran 2023,” kata Plt Manager Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9, Azhar Zaki Assjari di Jember, Senin 27 Maret 2023.

BACA JUGA: 188 Ribu Lebih Tiket Kereta Api Lebaran Ludes Terjual

Menurutnya, para penumpang sudah berburu tiket arus balik Lebaran 2023 jauh-jauh hari meskipun saat ini masih memasuki pekan pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

“Bahkan pada tanggal favorit dua atau tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri yakni 25-26 April 2023 tercatat jumlah tiket yang terjual mencapai 100 persen. Sedangkan pada 24 April 2023 tersisa hanya 10 persen saja,” tuturnya.

Ia menjelaskan sebagian besar penumpang melakukan pemesanan tiket melalui KAI Acces. Atau chanel lainnya secara daring.

Sehingga kemungkinan jumlah penumpang yang memesan tiket untuk arus balik Lebaran terus bertambah.

BACA JUGA: Garuda Indonesia Tak Naikan Harga Tiket, Malah Luncurkan Promo Ini

“Jika tidak ingin kehabisan tiket kereta api.Maka saya imbau masyarakat dapat merencanakan perjalanan arus mudik. Termasuk, balik Lebaran dengan membeli tiket jauh-jauh hari melalui sejumlah chanel resmi,” katanya.

Untuk sejumlah kereta yang tiketnya terjual cukup banyak yakni KA Ranggajati relasi Cirebon – Jember, KA Wijaya Kusuma.

Baik keberangkatan Stasiun Ketapang menuju Stasiun Cilacap ataupun sebaliknya, KA Sritanjung relasi Stasiun Ketapang – Lempuyangan (PP).

BACA JUGA: Maskapai Garuda Indonesia Berikan Potongan Harga Tiket, Ikuti Acara Ini

Dilanjutkan, KA Tawangalun relasi Stasiun Malang kota lama – Ketapang dan KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya PP.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kereta api agar jangan tertipu pada orang-orang yang bisa menjanjikan. Atau menyanggupi menyediakan tiket kereta api pada tanggal-tanggal favorit,” ujarnya.

Ia menjelaskan KAI sudah lama menerapkan kebijakan “one seat one passenger dan boarding system”.

Dimana dalam aturan tersebut juga mewajibkan nama penumpang harus sesuai antara yang tertera di tiket dan kartu identitas yang dibawa penumpang. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait