Yuk Segarkan Badan di Pemandian Suban Air Panas Bengkulu!

Pemandian Suban Air Panas
Pemandian Suban Air Panas di Rejang Lebong, Bengkulu. (Source: Dispar Prov. Bengkulu)

ianemandTURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang ingin liburan sambil menyegarkan badan, yuk kita ke Pemandian Suban Air Panas di Bengkulu. Selain berkhasiat, air panas di sini jernih dan tidak berbau belerang, sehingga sangat nyaman buat kalian berendam.

Wisata pemandian ini terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang berjarak sekira 6 km dari Curup, ibu kota kabupaten tersebut. Atau kurang lebih 90 km dari Kota Bengkulu. Lokasinya tak jauh dari jalan raya lintas Sumatera Lubuk Linggau-Curup.

Sobat Turisian akan mudah menemukannya karena di pinggir jalan raya ada papan petunjuk yang jarak ke Pemandian Suban Air Panas sekitar 2 km. Kalian bisa menempuhnya dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Keindahan yang objek wisata ini tawarkan, di antaranya adalah wisata air panas. Keunggulan dari air panas di sini tidak berbau belerang dan jernih yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, pegal linu, dan reumatik.

Di Pemandian Suban Air Panas, tersedia juga kolam untuk berenang yang sangat nyaman. Sekelilingnya terdapat area perbukitan sehingga terasa suasana alami ketika berendam di kolam ini.

Baca juga: Jelajahi Tiga Air Terjun Memesona di Rejang Lebong Bengkulu

Kolam renangnya terbagi menjadi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 meter. Sehingga spot wisata tersebut sangat cocok untuk liburan keluarga.

Sumber air panas yang ada di pemandian ini berasal dari mata air alami. Alirannya melalui pipa-pipa atau bambu-bambu, sehingga membentuk seperti pancuran. Suhu airnya juga tidak terlalu panas jadi cukup aman dan membuat nyaman.

Daya Tarik Lain di Pemandian Suban Air Panas

Tak hanya itu, di kawasan wisata tersebut terdapat air terjun dengan ketinggian berkisar 90 meter yang bercabang dua. Sebutan bercabang dua karena pada ujung aliran air terjun terpisah menjadi dua jalur dengan air yang jernih serta sejuk.

Ada pula dua batu di Pemandian Suban Air Panas yang menurut sejarahnya banyak yang mempercayainya memiliki kekuatan. Dua batu yang berbeda lokasi tersebut terkenal dengan nama “Trisakti” dan “Batu Menangis”. Alasan penyebutan “batu menangis” karena dipercaya batu ini bisa mengeluarkan air.

Baca juga: Bersenang-senang Dulu di Danau Mas Harun Bastari Bengkulu yang Indah

Berbekal berbagai macam pilihan atraksi di Pemandian Suban Air Panas tersebut, membuat objek wisata ini menyajikan keindahan dan kehangatan alam. Berbalut dengan kearifan lokal berupa nuansa cerita rakyat.*

 

Pos terkait