Lapangan Shiwa Bakal Dibanjiri 5.000 Penari dalam Acara Jogja Menari II

Lapangan Shiwa
Ilustrasi. Penari Kuda Lumping Yogyakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Lapangan Shiwa dan Lapangan Brahma di kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dipastikan bakal berubah menjadi gempa-gempita.

Ada sekitar 5.000 penari yang rencananya akan mengisi acara Jogja Menari II yang menampilkan Tarian Nusantara Harmoni pada 18 Desember 2022.

“Kegiatan Jogja Menari II yang digagas Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) ini akan menampilkan Tarian Nusantara Harmoni. Tarian,  perpaduan unsur gerakan tari dan iringan dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Ketua Umum Panitia Lustrum SMA Negeri 1 Yogyakarta M. Romahurmuziy , Jumat 16 Desember 2022.

Dia menjelaskan kegiatan menari massal ini lanjutan dari kesuksesan Jogja Menari I yang sebelumnya digelar di Alun-Alun Utara Yogyakarta pada 23 Desember 2018.

BACA JUGA: Wisatawan Dilarang Mandi di Pantai Selatan Yogyakarta, Ini Alasannya

“Kini Jogja Menari akan digelar kembali sebagai puncak rangkaian acara Lustrum XIII SMA Negeri 1 Yogyakarta. Tempatnya di Lapangan Shiwa dan Brahma, Candi Prambanan,” katanya.

Ia mengatakan tahun ini Jogja Menari II sebagai acara dari “Teladan untuk Teladan, dari Teladan untuk Jogja, dan dari Teladan untuk Indonesia”.

Pada kesempatan tersebut akan menjadi persembahan karya alumnus SMA 1 Yogyakarta. Khususnya,  dalam upaya melestarikan budaya, merawat kebinekaan, dan mendukung pariwisata.

“Acara ini rencananya akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X,” katanya.

Didik Nini Thowok

Selain itu, wali kota/bupati serta seluruh kepala Dinas Pariwisata  se-DIY serta maestro tari Indonesia Didik Nini Thowok, Uni Yutta, dan Kinanti Sekar Rahina akan ikut hadir.

BACA JUGA: Bendungan Kamijoro, Spot Piknik Keluarga yang Asyik di Yogyakarta

“Juga akan hadir para artis, pekerja seni dan budaya, komedian, serta publik figur untuk turut meramaikan pergelaran Jogja Menari II ini,” katanya.

Romahurmuziy atau yang akrab disapa Rommy ini, mengatakan Jogja Menari II terbuka bagi keterlibatan masyarakat umum.

Baik itu, sanggar tari, komunitas, sekolah, madrasah, dan wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta.

“Para peserta sebelumnya dapat mempelajari Tarian Nusantara Harmoni melalui YouTube Jogja Menari,” katanya.

BACA JUGA: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Kebangkitan Wisman ke Yogyakarta

Ia mengatakan Tarian Nusantara Harmoni merupakan karya tari baru yang akan ditarikan para peserta secara bersama.

Dimana akan  memadukan unsur gerakan dan iringan musik. Mulai dari Yogyakarta, Aceh, Betawi, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, hingga Papua.

“Tarian ini membawa makna semangat kebangkitan bersama Indonesia setelah melewati masa pandemi COVID-19 menuju Indonesia baru,” katanya.

Dalam acara Jogja Menari II juga diadakan kompetisi dengan total hadiah Rp100.000.000. Yakni, untuk kategori grup terbaik, kostum terbaik, dan penari terbaik. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait