Ni Made Ayu Ingatkan agar Hati-hati Promosi Pariwisata Pasca-Bencana

Ni Made Ayu
Tiga warga Kampung Lengkowang, Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur ini memandangi rumah yang hancur akibat gempa yang terjadii pada Senin 21 November 2022 lalu. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Ni Made Ayu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf mengingatkan para pemangku kepentingan. Khususnya,  di sektor pariwisata agar hati-hati dalam mengiklankan daerah tertentu pasca-bencana.

“Contohnya, baru ada musibah di Indonesia, tiba-tiba kita munculin iklan Wonderful Indonesia, lalu orang-orang akan bertanya kok seperti ini, dan itu bisa menjadi bumerang,” kata Ni Made Ayu dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2022 yang dipantau secara virtual, Jakarta, Jumat 16 Desember 2022.

Karena itu ia menganggap urgensi berkoordinasi secara terintegrasi antar-pemangku kepentingan perlu dilakukan.

Hal ini supaya tidak ada yang melakukan kampanye berkunjung ke Indonesia di saat ada bencana alam. Atau ketika fase pemulihan bencana belum selesai.

BACA JUGA: WIKA Group Salurkan Bantuan Bencana Gempa Cianjur Lewat TJSL

Hal pertama yang dapat dilakukan sebelum mengkampanyekan destinasi wisata di Indonesia ialah memberikan ucapan bela sungkawa terlebih dahulu.

Sampai hal itu dalam beberapa hari di daerah tertentu yang tertimpa musibah.

Industri pariwisata harus aware

Setelah itu, lanjutnya, ada tahapan penanganan bencana terutama terhadap destinasi wisata.

Dengan demikian tingkat kepercayaan masyarakat dapat meningkat untuk mengunjungi destinasi wisata.

“Bukan hanya soal destinasi yang terkena bencana harus gercep (gerak cepat). Bukan hanya SDM-nya yang harus gercep. Tapi marketing-nya juga harus cepat,” katanya.

BACA JUGA: Taman Langit Gunung Banyak Kota Batu Ditetapkan Sebagai Shelter Tourism

Ke depan, kami ingin sekali seluruh kepala dinas pengelola industri pariwisata harus aware (menyadari) mengenai ini, karena Indonesia sensitif terhadap bencana, berbeda dengan negara lainnya,” sambung Ayu.

Menurutnya, bencana alam seperti dua sisi mata uang koin. Sebut saja,  bencana gunung berapi setelah ada kunjungan periset, daerah itu berpotensi menjadi bagian dari destinasi minat khusus.

“Gunung Krakatau didatangi dari mana-mana, bisa menaiki helikopter untuk melihat. Ini peluang, bisa dijual setelah fase pemulihan bencana,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gowes Bersepeda Untuk Cianjur Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 44 Juta

Dengan demikian, bagi yang berminat untuk meriset atau melakukan wisata petualangan dapat berkunjung ke sana karena daerah tersebut sudah aman.

Contoh lain, kata dia, daerah yang terkena bencana lalu menjadi destinasi wisata ialah beragam paket tur kunjungan ke Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Begitu pula di Aceh setelah peristiwa tsunami tahun 2004, banyak wisatawan datang ingin melihat bekas kapal di atas rumah penduduk yang menjadi bukti sejarah dari tragedi tsunami tersebut.***

Sumber: Antaranews

Pos terkait