Pura Mandara Giri Semeru Agung di Lumajang Tertua di Nusantara

Pura Mandara Giri Semeru Agung
Pura Mandara Giri Semeru Agung di Lumajang, Jatim. (Source: Dibudpar Jatim)

TURISIAN.com – Kabupaten Lumajang di Jawa Timur menyimpan pura tertua di Nusantara. Namanya Pura Mandara Giri Semeru Agung. Selain tempat peribadatan umat Hindu, pura ini pun menjadi destinasi wisata religi yang banyak wisatawan kunjungi. Sobat Turisian yang penasaran dengan daya tarik bisa sesekali mampir ke sini.

Pura yang berada di kaki Gunung Semeru ini merupakan salah satu yang selalu ramai pengunjung di setiap akhir pekan maupun pada hari libur. Terutama saat hari besar agama Hindu. Bahkan pada saat Piodalan atau ulang tahun pura yang berlangsung setiap tahun pun selalu ramai.

Piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung mampu menarik ribuan umat Hindu dari Bali dan berbagai daerah di Jawa Timur. Serta dari daerah lain di Indonesia. Mereka datang dengan puluhan rombongan bus untuk berdoa hingga menampilkan kreasi-kreasi seni budayanya.

Kawasan pura di Kabupaten Lumajang ini terbagi menjadi beberapa tingkatan, yakni tingkatan paling atas, hanya untuk persembahyangan dan meditasi. Di tingkatan ini, sangat privasi sehingga pengunjung tidak boleh memasuki area ini.

Baca juga: Yuk Nikmati Beragam Sajian Menarik dari Desa Wisata Pronojiwo Lumajang!

Kemudian untuk tingkatan kedua atau madya di pura ini merupakan pelataran yang biasa menjadi tempat untuk kegiatan keagamaan. Seperti pernikahan dan acara upacara keagamaan.

Fasilitas di Pura Mandara Giri Semeru Agung

Sebagai objek wisata religi, tempat ini pun sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang wisata. Di sekitar pura ini ada banyak akomodasi penginapan, tersedia pilihan hotel dan homestay.

Terdapat pula rumah makan, cafetaria, dan toko oleh-oleh. Mereka banyak menjual berbagai macam suvenir kerajinan tangan dan jajanan khas Lumajang.

Bagi Sobat Turisian yang ingin datang berkunjung ke tempat ini, tidak perlu bayar biaya masuk alias gratis. Namun bagi kalian yang ingin memberikan sedekahnya, maka tersedia kotak amal untuk kontribusi perawatan pura tersebut.

Lokasi Pura Mandara Giri Semeru Agung

Destinasi wisata religi yang satu ini terletak di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk menuju ke pura tersebut, Sobat Turisian membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota dengan memakai kendaraan bermotor.

Baca juga: Objek Wisata Sekitar Semeru Tutup Sementara Pasca Letusan Awan Panas

Akses menuju pura tersebut pun sudah cukup baik. Bahkan mampu mengakomodir rombongan puluhan bus umat Hindu dari berbagai pelosok Nusantara yang datang untuk melaksanakan peribadatan.*

 

Pos terkait