Ikuti Kemeriahan Festival Tumbe 2022 Banggai Laut!

Festival Tumbe 2022

TURISIAN.com – Ada kabar bagus nih buat Sobat Turisian yang suka dengan festival budaya. Kabupaten Banggai Laut di Sulawesi Tengah bakal menggelar event budaya lokal tahunan bertajuk Festival Tumbe 2022 di awal Desember nanti.

Event budaya tahunan Kabupaten Banggai Laut ini menawarkan kesempatan kepada para wisatawan untuk melihat prosesi pengantaran telur burung maleo oleh masyarakat adat Batui menuju Keraton Banggai.

Festival Tumbe 2022 ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 1 sampai 4 Desember 2022. Bertempat di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Festival tersebut akan semarak dengan beragam sajian kegiatan dan perlombaan yang seru banget, Sob!

Di Festival budaya yang satu ini, Sobat Turisian juga enggak cuma bisa menikmati suguhan tradisi adat khas masyarakat Banggai saja. Dengan mengusung tema “Memperkokoh Adat, Melestarikan Lingkungan”, perhelatan ini telah mendapat dukungan penuh oleh Kemenparekraf. Hingga masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Kalian dapat juga berpartisipasi memeriahkan perhelatan Festival Tumbe 2022 dengan ikut serta dalam berbagai perlombaan menarik yang sudah panitia siapkan. Untuk informasi lebih lanjut dapat mendatangi atau menghubungi langsung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Laut.

Baca juga: Berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang, Punya Banyak Destinasi Menarik

Nah bagi Sobat Turisian yang tak bisa datang ke lokasi langsung, tenang tak usah khawatir karena masih bisa menyaksikannya secara live streaming. Sebab Festival Tumbe 2022 mengusung Konsep Hybrid Event, yaitu menggabungkan dua metode pelaksanaan event, yaitu live event secara langsung dan online event yang menayangkan event secara live streaming menggunakan platform sosial media.

Konsep Tematik Festival Tumbe 2022

Bukan hanya itu, Festival Tumbe 2022 juga mengusung konsep Tematik, yaitu: Tourism (proses re-branding dan promosi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten Banggai Laut); Historical (perayaan dari sejarah panjang Kerajaan Banggai dan hubungannya dengan kerajaan-kerajaan lainnya di wilayah Nusantara di masa lampau).

Kemudian tema Environmental, di mana event ini akan menjadi media Conservation Awareness yang berupa kampanye lingkungan penyelamatan habitat Burung Maleo sebagai satwa endemik Pulau Sulawesi yang dilindungi dan dilestarikan.

Berikutnya tema Maritime Culture, yaitu sebuah perayaan terhadap Kultur Maritim yang tumbuh dan berkembang di ketiga wilayah Banggai Raya. Antara lain Kabupaten Banggai, Kab. Banggai Kepulauan, dan Kab. Banggai Laut.

Kegiatan Festival Tumbe 2022 akan hadir dengan kemasan dalam bentuk yang menarik dengan berbagai kegiatan yang sesuai dengan tema. Di antaranya ada Upacara Adat Malabot Tumbe sebagai Event Khususnya.

Baca juga: Situs Megalitikum Pokekea TN Lore Lindu, Unik dan Penuh Misteri

Tambah rangkaian beraneka kegiatan menarik lainnya, seperti Seni Pertunjukan Tradisi Banggai, Tari Kolosal, Karnaval Budaya Tumbe, Labotan Kuliner dan Produk Kreatif Banggai. Ada pula sajian Bioskop Tumbe, Permainan Tradisional, Mewarnai tingkat TK, Menggambar tingkat SD, Banunut tingkat SMP dan SMU. Serta Peragaan Busana Adat Benggawi, Pameran Foto Banggai Tempoe Doeloe, dan Kegiatan Pendidikan Berbasis Budaya dan Kesadaran Lingkungan.*

 

 

Sumber: Disparbud Kab. Banggai Laut

Pos terkait