Tren Baru Staycation di Vila, Lebih Lama dari Biasanya

Tren Baru Staycation
Pandemi Covid-19 telah merubah cara orang memilih staycation. Tren terbar adalah dengan pilihan long stay. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pandemi telah merubah kebiasaan (habit) masyarakat secara global. Termasuk dalam menentukan waktu staycation di penginapan.

Cara ini boleh disebut sebagai tren baru dalam menentukan tempat akomodasi dengan pilihan long stay dan tempat yang lebih privat serta aman.

Tren ini tercermin dari data tiket.com yang menunjukkan customer melakukan pencarian akomodasi untuk long stay meningkat selama 2022.

Hal tersebut kemudian menciptakan tren baru, bahwa liburan tak hanya sekadar satu atau dua hari saja tapi bisa hingga seminggu.

BACA JUGA: Kawasan The Nusa Dua Makin Menggeliat, 8 Hotel Ini Jadi Tempat Menginap Tamu G20

Public Relations Sr. Manager tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan hotel kini tak lagi menjadi pilihan utama dalam memilih akomodasi.

Masyarakat cenderung memilih vila dan apartemen untuk mendapatkan pengalaman baru yang lebih menarik.

“Customer kita nyari yang long stay, pandemi ini kayak ada kebiasaan baru rata-rata mereka menginap tujuh hari,” kata Sandra seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Rabu 16 November 2022.

BACA JUGA: Beda Artis, Beda Cara Memilih Tempat Wisata, Seperti Raditya-Annisa

Menurut Sandra, banyak pengunjung yang memilih tempat-tempat unik dengan keindahan alam sekitarnya.

”Nyari penginapan yang unik kayak model vila karena bisa ajak keluarga, kalau hotel kan crowded banget kalau breakfast,” ujarnya terkait tren baru staycation.

Bersama Keluarga Dekat

Lebih lanjut, Sandra mengatakan kegiatan long stay bisa bersama keluarga dekat.

Atau kelompok kecil tanpa harus berkerumun dengan banyak orang sehingga lebih aman, nyaman dan privat. Seperti di rumah sendiri.

BACA JUGA: Kawasan The Nusa Dua Makin Menggeliat, 8 Hotel Ini Jadi Tempat Menginap Tamu G20

Masyarakat juga memiliki kecenderungan untuk mencari akomodasi yang menawarkan sesuatu yang unik seperti desain kamar, area privat dan fasilitas lengkap.

“Kita melihat vila dan apartemen ini punya keunikkan yang berbeda. Mereka memang seniat itu membuatnya. Karena sekarang apalagi sih yang dicari saat liburan selain foto-foto,” kata Sandra.

Melihat tren staycation dan long stay, tiket.com sebagai Online Travel Agent (OTA) telah meluncurkan Tiket Vila & Apartement pada tahun 2021.

Fasilitas ini untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Tren Desa Wisata Bisa Jadi Pandemic Winner, Apa Itu?

Akomodasi yang ditawarkan memiliki beragam variasi mulai untuk individu per orang, keluarga, glamping hingga vila eksklusif.

Sandra mengatakan terdapat lima kota besar favorit yang menjadi pilihan masyarakat untuk long stay atau staycation. Yakni Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta dan Malang. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait