Nikmatnya Laktopia, Camilan Manis Khas Kota Tegal

Laktopia Kota Tegal
Laktopia Kota Tegal. (Source: Disporapar Kota Tegal)

TURISIAN.com – Ketika berkunjung ke Kota Tegal, Jawa Tengah, Sobat Turisian jangan lupa membeli oleh-oleh camilan khasnya, yaitu Laktopia. Kue manis nan lembut ini merupakan hasil dari pengaruh budaya etnis Tionghoa.

Nama camilan ini pun berasal dari Bahasa Cina yang terdiri dari dua suku kata. Yaitu Lak yang berarti enam dan topia artinya lapisan pembungkus. Karena di dalamnya terdapat adonan kacang hijau atau buah sebagai isiannya.

Pengaruh budaya Cina pada Laktopia di Kota Tegal ini tampak dari para produsennya. Di kota ini banyak pengusaha camilan tersebut yang berasal dari etnis Tionghoa. Sobat Turisian bisa membuktikannya langsung dengan berkunjung ke sentra produksinya di Jalan Paweden, Kelurahan Mintaragen, Kota Tegal.

Sepintas tampilan camilan khas Kota Tegal tersebut mirip dengan kue bakpia Jogja. Tergolong ke dalam makanan ringan yang cocok Sobat Turisian nikmati bersama minuman teh panas di sore hari.

Baca juga: Pantai Alam Indah, Tempat Asik Buat Nongkrong Sore di Kota Tegal

Ciri khas Laktopia dari Kota Tegal ini dapat Sobat Turisian lihat dari tekstur kulit luarnya yang tebal dan putih, serta kulit dalam terlihat berlapis. Hal itulah yang menjadi pembeda dengan bakpia asal Yogyakarta yang mempunyai tekstur kulit lebih tipis dan lembut.

Selain tampilannya, bahan-bahan dalam pembuatan Laktopia juga cukup sederhana. Di antaranya tepung terigu, minyak goreng, dan sedikit vanili sebagai bahan kulit pembungkusnya. Sedangakan bahan untuk isiannya terbuat dari olahan kacang hijau dan buah kering.

Proses pembuatan Laktopia khas Kota Tegal ini juga terbilang sederhana, tidak menggunakan teknologi tinggi. Bahkan masih mempertahankan cara dan resep warisan pendahulunya yang bertahan secara turun-temurun.

Oleh-oleh Khas Kota Tegal

Tak hanya bisa mencicipi langsung secara on the spot, Laktopia juga cocok sebagai oleh-oleh khas Kota Tegal yang bisa Sobat Turisian bawa pulang untuk keluarga atau teman. Sebab tidak ada produksinya di daerah lain.

Baca juga: Enaknya Tahu Aci Khas Tegal, Makanan yang Pas Buat Ngemil Sore

Kalau Sobat Turisian ingin membeli Latopia yang terkenal di sana, dapat membelinya di wilayah Jalan Veteran dan Jalan Paweden Kota Tegal. Kalian juga bisa menemukannya di pusat oleh-oleh khas Kota Tegal atau toko lainnya.*

Pos terkait