Pameran Keris Terbesar Indonesia MAS 2022 Dapat Antusiasme Pengunjung

Pameran Keris
Senjata tradisional Keris yang berasal dari provinsi Jawa. Terutama bagi masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kris memiliki panjang yang hampir seperti pisau dengan bentuk yang unik. Foto: iTsock

TURISIAN.com  – Pameran keris terbesar Indonesia bertajuk Musyawarah Agung Senapati Nusantara (MAS) 2022 mendapat antusiasme pengunjung.

Berlangsung di Hotel Ross In, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai 16 – 18 September 2022, pengunjung terus mengalir untuk melihat berbagai ragam keris.

Inilah event yang diinisiasi oleh pecinta keris dari 73 paguyuban yang tergabung dalam Senapati Nusantara.

Bertujuan, membangkitkan kembali dunia perkerisan nasional setelah terpuruk dihantam pandemi COVID-19.

Ketua Pelaksana Harian organisasi induk keris terbesar di Indonesia, Senapati Nusantara, Hidayat, di Yogyakarta, Sabtu 17 September 2022 mengatakan masa-masa kelam tiga tahun terakhir sirna dalam sekejap dengan adanya Musyawarah Agung (MAS) 2022.

BACA JUGA: Pameran Food, Hotel and Tourism Bali Tahun Ini Lebih Akbar

“Kami, panitia MAS 2022 mengucap syukur. Antusiasme dan semangat kawan-kawan benar-benar seperti slogan MAS 2022 kali ini. Yakni Keris Nusantara untuk Indonesia Bangkit,” kata Hidayat dalam jumpa persnya.

Dia mengatakan pada hari pertama MAS, Jumat (16/9) dari 73 paguyuban yang tergabung dalam Senapati Nusantara sudah 85 persen hadir.

Di meja bursa atau trading keris dari rencana 90 stan ternyata harus tambah 70 lagi, sehingga total ada 160 meja stan penjualan bursa keris.

BACA JUGA: Ingin Dapat Tiket KA Bisnis Rp 70 Ribu, Datang ke Pameran Ini

Peserta Datang dari Berbagai Daerah

Ia menjelaskan para pelaku bursa keris datang dari seluruh penjuru nusantara. Seperti Jawa Timur dan Madura, Bali dan Lombok, Sulawesi, Sumatera, Jakarta, Jabar, Solo, Yogyakarta Semarang.

Bahkan, daerah-daerah yang belum bergabung menjadi anggota Senapati Nusantara pun ikut andil.

Antusiasme para pelaku budaya dan spiritual keris serta para pelaku bursa keris juga sama dengan antusiasme para kolektor dan masyarakat umum peminat keris.

BACA JUGA: Produk Perlengkapan Mancing Ludes di Pameran INDOFEST 2022, Peminatnya Banyak Wanita

Sebuah stan bursa pada pameran keris melaporkan penjualan senilai Rp90 juta, bahkan sampai Rp150 juta.

“Semua laporan hari pertama belum masuk, kita perkirakan sudah lebih dari Rp1 miliar. Perilaku kolektor juga edan-edan seperti menumpahkan kegembiraannya,” ungkap Hidayat.

“Mereka banyak yang memasang tulisan siap barter dengan keris di mobilnya masing-masing. Mereka rindu membeli keris hebat,” kata Hidayat.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara yang juga Ketua Umum MAS 2022, Nurjianto mengatakan Senapati Nusantara adalah organisasi perkerisan nasional yang mengawali penyusunan naskah akademik hari keris.

BACA JUGA: Navy Jazz Traffic Festival Hadirkan Pameran Alutsista, Ini Pengunjungnya

Pengajuan Hari Keris Nasional

Senapati juga yang pertama mengawali pengajuan Hari Keris Nasional.

Selain itu Senapati Nusantara juga organisasi yang mengawal Bupati Sumenep untuk menetapkan Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris.

Dan pada MAS di Yogyakarta ini akan menandatangani kerja sama dengan Pemkab Sumenep dalam penyusunan Perda Rencana Strategis Pengembangan Keris.

“Hari ini kita akan tandatangani MoU kerja sama penyusunan perda yang akan jadi pilot projek. Yang bisa menjadi contoh daerah lain seluruh Indonesia. Bagaimana mengembangkan ekosistem perkerisan, dari sisi spiritual, pendidikan, art, sains metalurgi, seni kriya, dan juga elemen ekonomi UMKM-nya,” katanya.

BACA JUGA: Bali Siapkan Jalur Motor Listrik Untuk Wisatawan, Permintaan Meningkat

Menurut dia, Perda tersebut diantaranya akan memberi arahan bagaimana pengembangan sumber daya manusia (SDM) pengrajin.

Di mana di Sumenep sendiri ada 700-an empu dan pengrajin sehingga penting untuk dibuat rencana peningkatan kualitas SDM-nya.

Kemudian masalah sosialisasi dan pemasaran yang diantaranya bagaimana pada satuan pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas bisa dikenalkan dengan sejarah dan kebudayaan keris termasuk di dalam sains keris. ***

Pos terkait