Festival Payung Indonesia 2022 Digelar Pekan Ini di Surakarta

Festival Payung Indonesia 2022
Festival Payung Indonesia 2022

TURISIAN.com – Pekan ini Kota Surakarta, Jawa Tengah akan meriah dengan penyelenggaraan Festival Payung Indonesia 2022 atau FESPIN. Tepatnya berlangsung mulai Jumat ini tanggal 2 – 4 September 2022, bertempat di Puro Mangkunegaran, Solo.

Event tahunan ini merupakan persembahan Mataya Arts & Heritage berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan mengusung tema “The Kingdom and Umbrella”.

Festival Payung Indonesia 2022 menampilkan segudang kreasi dan serba-serbi payung dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. FESPIN juga siap mengajak Sobat Turisian untuk menelusuri kerajaan-kerajaan di Nusantara pada masa lampau. Melalui ragam karya persembahan 80 grup seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia.

Kerennya lagi, FESPIN sendiri punya sister-festival. Namanya Borsang Umbrella Festival yang rutin digelar di Chiang Mai, Thailand. Jadi, mereka bakal mengirim perwakilan untuk ikut menyemarakkan Festival Payung Indonesia 2022. Selain itu, masih ada negara lain yang bakal gabung, yakni India dan Spanyol.

Tak hanya itu, Sobat Turisian pun bisa merasakan pengalaman yang berbeda di Festival Payung Indonesia yang ke-9! Kalian akan menikmati tiga proses yang mengesankan, yakni rekreasi, kreasi, dan literasi.

Mulai dari rekreasi, Sobat Turisian bisa jalan-jalan dan menikmati keindahan ribuan payung yang dipamerkan. Sekaligus menyaksikan berbagai pertunjukan seni. Dari segi kreasi, kalian juga bisa ikut mengasah kreativitas lewat kegiatan workshop atau kelas kreasi.

Baca juga: 5 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Dinikmati Kelezatannya!

Untuk literasi, Festival Payung Indonesia 2022 secara khusus merilis buku kumpulan esai berjudul “Payung Tradisi Nusantara” karya 29 penulis partisipan dari berbagai daerah di Indonesia. Seorang sejarawan Indonesia modern, Prof. Dr. Peter Carey, juga ikut berpartisipasi dengan menuliskan kata pengantarnya.

Parade Berpayung Nusantara hingga Pergelaran Seni

Pada 2 September 2022 sore ini, di kawasan Puro Mangkunegaran ada sajian nonton Parade Berpayung Nusantara. Belasan komunitas hingga sanggar siap untuk memikat mata penonton lewat kostum hingga atraksi unik selama pawai berlangsung.

Setelah itu, ada flashmob dan pentas seni dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Pada hari Sabtu dan Minggu, Sobat Turisian juga harus datang lagi karena agenda Pergelaran Seni di Pendopo Puro Mangkunegaran yang berlangsung sampai festival ini usai.

Sajian karya fesyen lokal di FESPIN 2022

Buat Sobat Turisian fashionista atau penggemar dunia fesyen, Festival Payung Indonesia 2022 punya satu persembahan khusus yang sayang untuk kalian lewatkan. Pada Sabtu, 3 September 2022, Sobat Turisian bisa menyaksikan suguhan Umbrella Fashion Show di Pendopo Puro Mangkunegaran.

Ada 13 desainer dan komunitas yang siap memamerkan karya terbaik mereka, antara lain Debora Art Fashion, Adeline Kusuma, Ras Wastra Indonesia, Ekeyla Narawa, dan masih banyak lagi. Seluruh busana dalam fashion show tersebut tetap menggunakan unsur payung.

Surga belanja produk kriya, fesyen, hingga kuliner

Selain menikmati segala sajian di atas, Sobat Turisian bisa puas belanja di Pasar Kreatif yang buka selama Festival Payung Indonesia 2022 berlangsung. Ada ragam produk tersaji di pasar ini, mulai dari barang-barang fesyen sampai produk kriya.

Cocok juga nih buat spot berburu oleh-oleh khas Solo sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi lewat kemajuan UMKM lokal. Setelah lelah berbelanja, saatnya Sobat Turisian mengisi perut dengan aneka kuliner di bazaar FESPIN 2022.

Baca juga: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Pilihan makanan dan minumannya sangat banyak dan tentunya bercita rasa sedap. Mulai dari menu khas Solo sampai berbagai jajanan yang sedang viral.*

 

 

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait