5 Makanan Nusantara yang Paling Populer di Belanda

Makanan Nusantara
Makanan khas Nusantara yang selalu hadir dalam acara prasmanan pernikahan. Foto: iStock

TURISIAN.com – Makanan nusantara memang sangat dikenal. Termasuk juga di luar negeri. Berangkat dari hubungan histori Belanda dan Indonesia yang lekat. Tidak heran kalau di Belanda banyak pula restoran dan toko Indonesia.

Istilah toko kalau di Indonesia kan lebih melekat pada toko kelontong ya. Tapi di sini lebih diartikan sebagai tokonya (orang Asia). Yang menjual bahan-bahan makanan, barang dapur dan makanan jadi dengan menu Asia juga Indonesia yang bisa dibawa pulang.

Nah toko juga sering disebut ‘afhaal‘ yang berarti ‘mengambil/membawa’.

Banyak menu yang sudah menyesuaikan dengan selera atau kebiasaan orang Belanda. Namun,  tak sedikit juga tempat makan yang memang mempertahankan rasa asal masakannya.

BACA JUGA: Jajan Kuliner Tradisional dan Jadul di Pasar Mbrumbung Rembang

Nah mau tahu masakan Indonesia apa saja yang populer dan sesuai selera orang Belanda, yuk kita simak.

Menu Favorit Dari Daging

Rendang

Kalau yang ini, jangankan orang Belanda ya, untuk Indonesia pun jadi favorit banyak orang. Daging sapi yang dimasak lama ini menjadi menu banyak restoran dan toko atau afhaal Indonesia.

Daging rendang biasanya merupakan perpaduan dengan paket nasi rames (rijsttafel). Atau kalau kamu hanya mau beli dagingnya, hitungannya sesuai beratnya (per 100 gram misalnya).

Oh iya, orang Belanda suka makan roti isi untuk makan siang. Jadi jangan heran kalau mereka memesan pada afhaal Indonesia dengan menu broodje rendang atau roti isi rendang. Ada sedikit tambahan acar dan bawang goreng, mereka suka banget lho.

BACA JUGA: Dua Kuliner Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Banyak Ditemukan Hampir di Setiap Restoran

Nasi goreng

Nah, makanan yang satu ini, orang Belanda sering menyebutnya hanya dengan ‘nasi’ saja. Jadi ambigu kan dengan istilah kita ‘nasi’ (nasi putih?). Nasi goreng ini juga banyak ada hampir setiap restoran dan toko Indonesia loh.

Gado-gado

Gado-gado juga banyak diterima oleh lidah orang Belanda karena bentuknya yang seperti salad. Juga sehat karena berisi sayur-sayuran dan telur, plus tidak banyak mengandung minyak goreng.

BACA JUGA: Pecinta Kuliner Nusantara, Ayo Merapat ke Aceh Culinary Festival 2022!

Sambal goreng buncis

Buncis dalam bahasa Belanda tertulis sperzieboontjes dan menu yang satu ini tidak sepedas yang biasa kita makan, ya karena memang orang Belanda (tidak semua), tidak terbiasa dengan penggunaan cabe yang banyak.

Telur balado

Telur balado bisa juga sebagai salah satu menu nasi rames warga Belanda, tapi juga bisa memesannya secara  terpisah (kalau di toko), yaitu per biji.

Rata-rata harganya 1 euro per biji atau bahkan lebih. Menu yang satu ini juga disebut sambal ei atau yang berarti sambal telur.

Gimana sobat Turisian, keren kan makanan nusantara? ***

Pos terkait