Libur Akhir Pekan Asiknya Piknik ke Telaga Potorono Yogyakarta Aja!

Telaga Potorono Bantul
Telaga Potorono Bantul, DI Yogyakarta. (Source: bob.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Libur akhir pekan ini gimana kalau Sobat Turisian piknik ke Yogyakarta. Tapi kali ini coba kunjungi objek wisata Telaga Potorono. Destinasi wisata embung ini berlokasi di Dusun Salakan, Desa Potorono, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Telaga berbentuk lonjong ini berupa kolam buatan untuk membentuk sungai. Embung ini berada di sebuah lahan wanadesa seluas 30 ribu meter persegi. Sementara Telaga Potorono sendiri mempunyai luas kurang lebih 4.800 meter persegi.

Di sekeliling area telaga ini terdapat jalanan beraspal dengan lebar satu meter. Spot ini bisa Sobat Turisian gunakan untuk bersantai, bersepeda, jogging, atau bahkan sekadar berfoto. Dengan pemandangan yang menawan dan eksotis.

Terlebih di saat sore hari, alihkan pandangan Sobat Turisian ke sebelah barat telaga untuk menyaksikan panorama senja yang sangat indah. Selain itu akan tampak fatamorgana yang terbentuk di permukaan telaga.

Sobat Turisian bisa menikmati pesona panorama tersebut dengan duduk di salah satu tepi embung. Di situ sudah ada beberapa kursi kayu yang berderet rapi. Jangan lupa lengkapi dengan secangkir kopi!

Wahana & Fasilitas di Telaga Potorono Bantul

Objek wisata Telaga Potorono Bantul ini juga menawarkan beragam wahana dan fasilitas. Seperti di salah satu sisi telaga, terdapat sebuah istana balon. Anak-anak sudah pasti menyukai wahana ini.

Bagi para mancing mania, bisa mencoba sensasi menarik joran di salah satu sudut telaga. Namun selain memancing ikan, di telaga ini Sobat Turisian juga bisa memberi makan berbagai jenis ikan peliharaan. Pakannya tinggal beli saja di tempat ini dengan harga yang bervariasi dan terjangkau.

Baca juga: Santai Sejenak Sambil Menikmati Keindahan Air Terjun Randusari Bantul

Di tempat wisata yang dibangun Badan Lingkungan Hidup DIY sejak tahun 2017 ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati keseruan mengitari telaga dengan menaiki kano. Dengan durasi selama 15 menit dalam tiga kali putaran, Sobat Turisian bisa membayar sewa sebesar Rp15.000.

Sedangkan untuk sewa sebuah kano berkapasitas 4 orang berbentuk perahu sebesar Rp30.000 dengan satu kali putaran mengelilingi telaga sejauh kurang lebih 200 meter. Lalu untuk perahu berukuran naga, bisa menyewanya dengan harga Rp20.000.

Selain itu, di Wanadesa Telaga Potorono ini ada juga spot kuliner buat mengisi perut Sobat Turisian yang pasti lapar selepas mengeksplorasi tempat ini. Pilihan kulinernya, mulai dari bakso, mie ayam, burger, hingga beberapa jenis makanan berat lainnya.

Fasilitas lain yang bisa Sobat Turisian nikmati di Telaga Potorono, ada toilet portable di beberapa sisi telaga, area parkir yang bisa memuat cukup banyak kendaraan roda empat maupun roda dua. Ada pula beberapa gazebo kayu yang melengkapi keindahan telaga. Menariknya lagi, Sobat Turisian pun tidak perlu membayar tiket ataupun uang masuk ke tempat wisata Yogyakarta yang satu ini.

Rute ke Telaga Potorono Bantul DIY

Rute menuju ke destinasi wisata Bantul ini cukup mudah. Kalau Sobat Turisian berangkat dari pusat kota Jogja bisa mengambil rute dari Kota Gede menuju ke arah timur.

Baca juga: Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Kemudian perjalanan berlanjut dengan menyeberangi ring road timur. Dari situ tinggal lurus lagi ke arah timur dengan jarak kurang lebih 2 kilometer untuk sampai di lokasi.*

 

Pos terkait