Jangan Lewatkan ARTJOG 2022 di Jogja National Museum!

ARTJOG 2022

TURISIAN.com – Yogyakarta sejak lama terkenal dengan festival seninya, salah satunya ARTJOG. Sebuah pameran seni yang mulai diadakan sejak tahun 2008. Nah Juli tahun ini akan berlangsung kembali ARTJOG 2022, dengan tema “Expanding Awareness”.

ARTJOG 2022 akan digelar mulai dari tanggal 7 Juli 2022 sampai dengan 4 September 2022. Bertempat di Jogja National Museum (JNM).

Tema pada event seni Jogja tahun ini merupakan sub tema terakhir dari tema besar “Arts in Common” pada ARTJOG 2019. Bersama sub tema lainnya, yaitu Common|Space (2019) dan Time (to) Wonder (2021).

Menurut bocoran dari tim kurator ArtJog 2022, festival seni rupa kontemporer Indonesia ini akan fokus pada segala sesuatu yang ada kaitannya dengan kesadaran. Jadi, Sobat Turisian bakal diajak buat refleksi diri.

Di event ini, para seniman bakal berkreasi, berimajinasi, dan berkarya melalui berbagai macam media yang bisa menggugah kesadaran Sobat Turisian. Terkait berbagai macam masalah aktual sekaligus menumbuhkan optimisme.

Baca juga: Berburu Sunrise di Gunung Ireng Yogyakarta, Ada Gubuk Kayu yang Instagenik!

Di samping itu, event tahun ini akan mengupayakan inklusivitas sekaligus mendorong kesenian sebagai media untuk melampaui berbagai batasan yang ada. Heri Pemad, pendiri ARTJOG, menyampaikan kalau event seni ini ingin mengambil andil kecil dalam menyoroti kembali pentingnya kontribusi kesenian terhadap kesadaran kebersamaan.

Program-Program di ARTJOG 2022

ARTJOG dari tahun ke tahun sudah menampilkan banyak karya seniman dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian selalu konsisten menyuguhkan sajian berkualitas plus edukatif.

Event yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf RI ini pun membuka kesempatan bagi para seniman untuk memamerkan karyanya lewat Open Call Application. Nah program spesialnya, yaitu Program Special Project. Di mana akan mengundang satu atau dua seniman secara khusus untuk mempresentasikan karya yang mewakili tema ARTJOG.

Lalu ada pula program untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi seniman muda yang usianya di bawah 35 tahun. Yaitu Program Young Artist Award. Berikutnya ada ART CARE, sebuah program penjualan karya seni buat aktivitas sosial.

Bukan hanya jadi wadah buat para seniman berkarya, ARTJOG 2022 juga siap menyajikan program yang edukatif. Ada kegiatan Exhibition Tour dan Meet the Artist. Satu lagi kegiatan yang juga menjadi favorit, yakni Daily Performance. Di panggung tersebut, seni musik, teater, tari, dan lainnya bakal tampil.

Baca juga: Merapi Golf Yogyakarta, Padukan Olahraga dengan Panorama Alam yang Menawan

Program-program yang keren tersebut sengaja disiapkan buat semua pengunjung agar lebih terkesan dan dapat banyak pengalaman seru. Kemasan eventnya pun menarik sehingga harapannya bisa menggaet banyak wisatawan berdatangan ke Yogyakarta. Sehingga mendorong bangkitnya perekonomian lewat sektor pariwisata.*

 

 

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait