Unik, Pulau Siput Lembata NTT Hanya Muncul Saat Laut Surut

Pulau Siput Lembata
Pulau Siput di Kabupaten Lembata, NTT. (Source: Kominfo Lembata)

TURISIAN.com – Pulau Siput yang berada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) cukup unik karena hanya muncul saat laut sedang surut. Pulau yang dikenal masyarakat sebagai Pulau Awulolong ini, memiliki panorama alam yang memukau.

Di Pulau Siput Lembata ini, Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan hamparan pasir pantai yang putih bersih. Tempat tersebut juga tak berpenghuni dan tak ada satu pun tumbuhan hidup, Sobat Turisian hanya bisa bertemu aneka siput dan kerang.

Begitu air laut surut dan pulau ini muncul, tampak beraneka ragam siput. Baik yang bertebaran di atas pasir putih, maupun yang terbenam dalam pasir.

Selama ini, masyarakat Lembata hanya memanfaatkan Pulau Siput sebagai ladang menggali rezeki mencari siput dan kerang tersebut. Aktivitas warga itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pulau ini.

Baca juga: Tanjung Mareha di Sumba Suguhkan Keindahan Hamparan Samudra Hindia

Sobat Turisian juga bisa ikut serta mencari siput biar liburannya makin berkesan. Berburu siput ini gampang-gampang susah, untuk mendapatkannya Sobat Turisian mesti mengorek dengan tangan, kayu, atau linggis.

Aktivitas Lain di Pulau Siput Lembata

Selain menikmati keindahan alam Pulau Siput dan berburu kerang, di sini Sobat Turisian juga bisa mencoba lakukan berbagai aktivitas rekreatif lainnya. Seperti berenang, menyelam, snorkeling, bermain pasir, hingga berjemur di hamparan pasir putih.

Satu aktivitas yang jangan Sobat Turisian lewatkan, yaitu swafoto dengan latar hamparan pasir putih dan latar gunung yang indah. Dijamin hasilnya ciamik dan instagenik. Keindahan sunset di Pulau Siput ini pun wajib Sobat Turisian nantikan dan nikmati.

Panorama sekitar pulau di Teluk Lewoleba menyajikan dua gunung yang menjulang tinggi, sungguh memesona. Ada Gunung Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape Timur dan Gunung Ile Boleng di seberang Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur.

Lokasi & Akses ke Pulau Siput, Lembata

Lokasi destinasi wisata ini, berada di depan Teluk Kota Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT. Kawasan wisata Lewoleba sendiri, termasuk Pulau Siput dan sekitarnya sangat mudah untuk Sobat Turisian jangkau. Karena berada berdekatan dengan kota Lewoleba, yang juga menjadi tempat untuk Sobat Turisian menginap selama liburan di Kabupaten Lembata.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Untuk menjangkau Pulau Siput, Sobat Turisian mesti menggunakan perahu motor dari kota Lewoleba dengan jarak tempuh sekitar 25 menit. Namun jika ingin cepat, Sobat Turisian bisa pilih naik kapal cepat dengan waktu perjalanan kurang lebih 7 menit.*

 

 

Pos terkait