Yuk Wisata Edukasi ke Demak, Banyak Wawasan yang Bisa Dibawa Pulang!

Wisata Edukasi Demak
Sibat

TURISIAN.com – Bicara Demak pasti langsung ingat salah satu Walisongo Sunan Kalijaga dengan peninggalannya yang menakjubkan Masjid Agung Demak. Sehingga identik dengan wisata religi. Namun di luar itu, ada juga tempat wisata edukasi di Demak yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Tempat wisata edukasi di Demak cukup beragam daya tarik dan karakternya. Mulai dari ekowisata sampai dengan wisata pedesaan ada di sini. Berkunjung ke tempat wisata edukasi Demak tak hanya menyenangkan, tapi saat pulang membawa wawasan.

Berikut ini ada tiga tempat wisata edukasi yang wajib Sobat Turisian datangi saat liburan nanti!

1. Wisata Sibat

Tempat wisata edukasi yang menarik di Kabupaten Demak, ada wisata Sibat. Objek wisata edukasi yang memberikan wawasan mengenai Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau disingkat jadi Sibat. Hebatnya lagi, Sibat ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui Palang Merah Amerika Serikat yaitu Bulan Sabit.

Baca juga: Tiga Desa Wisata di Demak, Pas Buat Jalan-Jalan di Akhir Pekan

Destinasi wisata Demak ini tergolong ekowisata yang pembangunannya oleh kelompok Sibat dengan alasan keinginan untuk mempertahankan eksistensinya di masyarakat. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kedungmutih.

Di tempat wisata Sibat, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan sekitar dan berbagai spot menarik yang cocok buat latar foto instagenik. Salah satunya ada jembatan warna-warni dengan hiasan dari ban bekas dan payung-payung berwarna.

2. Wisata Edukasi Tyto Alba

wisata edukasi demak

Objek wisata edukasi di Demak berikutnya pasti digemari anak-anak, pasalnya tempat ini merupakan penangkaran dan pengembangbiakan spesies Burung Hantu  Tyto Alba. Lokasinya berada di Desa Tlogoweru yang merupakan salah satu Desa Wisata di daerah Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Penangkaran burung hantu tersebut dikelola oleh BUMDES setempat. Sobat Turisian yang senang mencari sensasi edukasi mengenai spesies unggas tersebut, cocok sekali berkunjung ke Desa Tlogoweru ini.

3. Kampoeng Inggris Desa Candisari

wisata edukasi demak

Desa Candisari di Kabupaten Demak terkenal dengan sebutan Kampoeng Inggris yang menawarkan aktivitas wisata kursus bahasa Inggris. Bahkan banyak rombongan wisatawan yang datang ke sini untuk kursus Bahasa Inggris.

Ada beberapa fasilitas untuk belajar, antara lain ada gazebo untuk belajar, aula terbuka. Di desa wisata Demak ini, selain belajar bahasa Inggris, Sobat Turisian bisa menginap di homestay yang sudah tersedia.

Baca juga: Wisata Religi dengan Mengunjungi Wali Songo di Pulau Jawa

Nikmati pula sensasi memancing ikan kolam pemancingan dan beberapa hewan ternak juga ada di lingkungan tersebut. Sehingga memberikan kesan menyatu dengan alam bagi Sobat Turisian yang singgah atau berkunjung ke kampung ini.*

 

Sumber & Foto: Dispar Demak

 

Pos terkait