Yuk Kunjungi Festival Dugong 2022 di Alor NTT Sekalian Lihat Ikan Dugong!

Festival Dugong 2022
Dugong sedang mendekat perahu penumpang di perairan Alor.

TURISIAN.com – Sobat Turisian ada yang pernah melihat dugong atau duyung langsung di habitatnya? Kalau belum, pas banget nih sebentar lagi ada event Festival Dugong 2022 di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Event ini memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bisa melakukan pengamatan dugong di alam.

Festival Dugong 2022 berlangsung pada tanggal 18-19 Mei 2022, berlokasi di Pantai Mali, Kabupaten Alor, NTT. Dalam perhelatan tahunan ini, Sobat Turisian bisa kenalan lebih jauh dengan wisata Alor maupun keunikan seni dan budayanya.

Selama dua hari pelaksanaan event tersebut, Sobat Turisian pun bakal diajak buat bersenang-senang. Tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan CHSE yang ketat.

Nah, berikut ini ada info singkat dan serba-serbi Festival Dugong 2022, buat bekal pengetahuan sebelum berangkat.

Pelestarian Kearifan Lokal dan Alam

Perhelatan akbar ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Seluruh rangkaian kegiatan sudah dirancang agar bisa melestarikan seni, budaya, dan alam. Dengan menerapkan konsep wisata berkelanjutan.

Event ini akan mulai dengan prosesi Upacara Adat Cinta Laut sebagai wujud syukur atas kehadiran dugong di laut Alor yang memberi berkah. Pada kesempatan tersebut, sanggar lokal bakal menampilkan berbagai kesenian khas Alor.

Acara akan berlanjut dengan Wisata Pengamatan Dugong. Untuk mendukung konservasi, festival ini juga akan melakukan kegiatan Penanaman Anakan Bakau di sekitar habitat dugong. Harapannya, masyarakat dapat belajar memahami dan ikut melestarikan dugong serta habitatnya.

Baca juga: Mulut Seribu di Pulau Rote NTT Mirip Raja Ampat, Sama-sama Indah Menakjubkan

Sobat Turisian juga jangan lewatkan keseruan aneka perlombaan. Mulai dari Parade Perahu Galla Soro, Lomba Dayung Perahu Kano, Lomba Tarik Tambang Perahu, hingga Lomba Mural. Lalu ada program Island Explore untuk mengekplorasi keindahan Pantai Mali, Alor.

Tema event ini, yakni “Dugong untuk Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat yang Berkelanjutan”. Sehingga festival ini juga menggandeng pelaku UMKM, kelompok masyarakat pengelola wisata, hingga penyedia jasa penyelenggaraan event.

Para pelaku UMKM akan diajak untuk berpartisipasi dalam Pameran Usaha Ekonomi Kreatif dan Kuliner. Keterlibatan banyak pihak dalam gelaran ini, diharapkan bisa menggerakan ekonomi, mendorong kebangkitan ekonomi, dan bahkan menciptakan peluang usaha serta lapangan kerja.

Lokasi Pantai Indah yang Bikin Betah

Rangkaian acara dalam Festival Dugong 2022 bukan satu-satunya yang menjadi daya tarik. Namun selain itu, lokasi penyelenggaraannya pun sangat istimewa. Pantai Mali menyajikan pantai pasir putih dengan air tenang yang dihiasi dengan pohon-pohon kelapa serta taman wisata alam laut nan indah.

Tambah lagi ikan-ikan kecil yang hidup di perairan ini bahkan bisa terlihat dari permukaan berkat airnya yang masih jernih. Alasan lain kenapa spot ini terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Dugong ialah keberadaan dugong itu sendiri.

Pantai Mali menjadi habitat hewan dugong atau mamalia air ini. Di situ ada pawang yang bisa memanggilnya supaya muncul ke permukaan. Menarik banget Sobat Turisian, bisa ketemu langsung sama dugong yang langka.

Baca juga: Jangan Lewatkan Event Seba Baduy 2022, Sajikan Ritual Adat hingga Camping Ground

Wisata ke tempat wisata Alor ini dan bertemu dugong secara langsung, jamin pasti bakal jadi pengalaman Sobat Turisian yang berkesan dan tak terlupakan. Mengingat hewan tersebut termasuk salah satu spesies langka yang hanya bisa terlihat di beberapa wilayah.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

 

 

Pos terkait