Indahnya Hamparan Sawah Terasering Tegallalang Ubud

Sawah Terasering Tegallalang
Hamparan hijau Sawah Terasering Tegallalang, Ubud, Bali. (indonesia.travel)

Turisian.com – Ubud sudah sohor sebagai kawasan hijau di Bali yang menyajikan keasrian panorama alam. Semua pesona Ubud tampak pada rimbunnya hutan, perbukitan, dan hamparan hijau persawahan yang rapi dikenal dengan Sawah Terasering Tegallalang.

Sawah Terasering Tegallang populer dengan sebutan Tegallalang Rice Terrace. Lanskap sawah berundak-undak ini, ditata rapi menggunakan sistem irigasi tradisional Bali, yaitu Subak. Keindahannya akan memanjakan mata dan menjadi spot foto yang instagrammable banget.

Dengan suasana damai dan hawa yang sejuk, kawasan ini sungguh menentramkan jiwa. Cocok sebagai penyegar tubuh dan pikiran setelah penat dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Terlebih jika melakukan meditasi di tempat ini.

Makin seru jika wisatawan berkeliling areal persawahan. Menyusuri pematang sawah, turun dari satu terasering ke terasering lain. Lalu menyeberangi sungai kecil. Jangan lupa ambil foto pengalaman seru di setiap sudut di Tegallalang tersebut.

Baca juga: Uji Adrenalin di Wisata Arung Jeram Sungai Elo

Ada juga aktivitas yang lebih menantang dan sedikit menguji adrenalin. Dengan mencoba ayunan ala Pulau Dewata yang menggantung di atas area persawahan dan lembah. Seperti Aloha Ubud Swing dan Lotus Ubud Swing yang dijamin keamanannya dan sudah tersertifikasi CHSE.

Daya Tarik Lain

Selain hamparan sawah, wisatawan bisa menikmati panorama dari Desa Pejeng dan Bukit Campuhan, keindahan lanskap kian menakjubkan. Saking indahnya, UNESCO menetapkan keindahan sistem irigasi bertingkat “subak” di Sawah Terasering Tegallalang sebagai UNESCO World Heritage List.

Objek wisata lain di sekitar Tegallalang juga menarik dikunjungi dan sayang jika dilewatkan. Yaitu Agrowisata Bali Pulina atau yang lebih tenar disebut  Bali Pulina. Sebuah perkebunan kopi penghasil salah satu kopi luwak terbaik di Bali yang berada dekat dengan Sawah Terasering Tegallalang.

Di tempat itu, pengunjung bisa melihat langsung dan mempelajari proses pembuatan kopi luwak tradisional khas Bali. Nikmati pula hamparan perkebunan kopi yang hijau nan asri, ditemani secangkir kopi luwak bercita rasa unik yang bikin ketagihan.

Destinasi wisata Tegallalang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Gianyar yang berjarak sekira 8 km dari Ubud. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa naik kendaraan selama 15-20 menit dari Ubud.

Baca juga: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Alternatif yang lebih asyik bisa pakai sepeda karena udaranya yang sejuk dan pemandangan sepanjang perjalanan juga indah. Rasa lelah mengayuh sepeda pun, akan cepat terobati!*

Pos terkait