Peringatan HUT ke-79 KAI Diwarnai Berbagai Kegiatan Penandatangan MoU, Apa Saja?

HUT ke-79 PT KAI
Penandaranganan Nota Kesepahaman antara KAI dengan PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT Summarecon Agung Tbk, PT Mitra Abadi Utama (Member of Agung Podomoro Land), Citra Maja Raya JO (Ciputra Group), PT Wijaya Karya Reality tentang “Rencana Kerja Sama Potensial”. (Foto: Dok.KAI)

TURISIAN.com – Peringatan HUT ke-79 PT KAI (Kereta Api Indonesia, Persero)  tak sekadar sebuah perayaan saja Melainkan juga memperkuat komitmennya terhadap keselamatan dan keberlanjutan.

Bertempat di Ballroom The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu malam, 28 September 2024, KAI menggelar acara “KAI’s Celebration Night”.

Tentu saja, denganberbagai  rangkaian kegiatan, seperti penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan peluncuran inovasi terbaru.

Sedangkan, tema besar peringatan kali ini, “Safety and Sustainability,” mencerminkan fokus KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur kereta api di Indonesia.

“KAI menggandeng sejumlah mitra strategis guna memperkuat ekosistem perkeretaapian yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, hari ini.

Sementara itu, beberapa kesepakatan kerja sama yang ditandatangani pada perayaan HUT ke-79 KAI. Antara lain MoU dengan PT Teknologi Distribusi Global (TDG) untuk pendistribusian layanan penjualan tiket.

Kemudian dengan PT Dizamatra Powerindo untuk pengembangan jalur muat di Stasiun Sukacinta serta jalur bongkar di Stasiun Serdang.

Dan, Perumda Pembangunan Sarana Jaya Provinsi DKI Jakarta terkait pengembangan serta optimalisasi aset di kawasan Sentra Primer Tanah Abang.

Tak hanya itu, KAI juga memperluas kolaborasinya dengan para pengembang properti terkemuka seperti PT Bumi Serpong Damai, Summarecon Agung, Agung Podomoro Land, Ciputra Group, dan Wika Realty.

Kerja sama ini bertujuan mengintegrasikan kawasan perumahan dengan jalur kereta, memperkuat konsep transit-oriented development yang tengah marak diterapkan di berbagai kota besar.

“Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, dan Direktur Pengembangan Usaha. Serta Kelembagaan KAI, Rudi As Aturridha, di hadapan Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo,” papar Anne.

Menurutnya, ini sejalan dengan visi kami untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih baik, berkelanjutan, dan nyaman bagi masyarakat.

BACA JUGA: PT KAI Berikan Potongan Harga Tiket Hingga 20 Persen, Datang ke Event Ini

Busana baru Pramugari

Inovasi baru pun turut diluncurkan pada acara tersebut. Desainer kondang Anne Avantie mempersembahkan busana baru untuk pramugari dan pramugara Luxuries Train, yang mengusung tema “Nglarashati.”

Sentuhan budaya yang elegan ini diharapkan meningkatkan pengalaman penumpang selama menggunakan layanan kereta mewah KAI.

KAI juga meresmikan buku Sejarah Kereta Api Tambang, yang mengupas tuntas perjalanan panjang dan peran penting kereta api dalam mengangkut komoditas strategis seperti batubara.

Buku ini menjadi bagian dari upaya KAI untuk mengedukasi masyarakat tentang kontribusi sektor perkeretaapian dalam perekonomian Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, KAI menyampaikan apresiasi kepada pelanggan setia yang terus mendukung transportasi kereta api.

“Kehadiran pelanggan setia menjadi inspirasi bagi kami untuk terus menciptakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan,” ucap Anne.

Dengan langkah-langkah strategis ini, KAI menegaskan komitmennya dalam mengutamakan keselamatan dan keberlanjutan. “Kami ingin kereta api menjadi solusi transportasi terbaik bagi Indonesia,” tutup Anne, optimistis.

Pos terkait