Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Gelar Rapimnas, Menuju Indonesia Emas 2045

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa
Dewan pengurusan PSMTI Pusat foto bersama pada pembukaan Rapimnas PSMTI di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta, Jumat 27 September 2024. (Foto: Turisian.com/Istimewa)

TURISIAN.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar hajatan besar berupa Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Jumat, 27 September 2024.

Usai Rapimnas, akan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-20 sekaligus  perayaan ulang tahun ke-26 pada Sabtu, 28 September 2024, bertempat di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Acara ini dihadiri lebih dari seribu peserta, yang datang dari 33 provinsi dan 308 kabupaten/kota.

Johnny Situwanda, Ketua Panitia Penyelenggara, memaparkan bahwa Rapimnas digelar untuk menampung laporan dari ketua atau pimpinan delegasi daerah, yang akan menjadi masukan dalam Rakernas.

BACA JUGA: PSMTI Dukung Penuh Kebijakan Ketahanan Pangan Nasional

Sementara itu, tahun ini tema yang diusung adalah “Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Siap Mendukung Indonesia Emas 2045 dalam Bidang Ketahanan Pangan, Makanan Bergizi, dan Penanggulangan Stunting”.

“Pertemuan ini bertujuan untuk menyusun langkah strategis di tengah isu-isu penting yang dihadapi bangsa,” kata Johny.

Sementara itu,  Ketua Umum PSMTI, Willianto Tanta dalam sambutannya meminta agar seluruh Ketua PSMTI dari tingkat pusat hingga cabang dapat bersinergi dan bergerak bersama.

BACA JUGA: Kontes Ternak dan Ekspo Pangan 2024 Jabar Kembali Digelar

Khususnya, untuk merealisasikan program-program strategis di bidang ketahanan pangan. Termasuk, penyediaan makanan bergizi, dan penanggulangan stunting.

Sedangkan Henry Husada, Wakil  Ketua Umum (WKU) PSMTI Koordinator (Korwil) Jawa Barat – DKI  mengatakan bahwa Rapimnas yang rutin setiap tahun ini diharapkan menghasilkan inovasi baru.

Henry Husada (mengenakan jas), selaku Wakil  Ketua Umum (WKU) PSMTI Koordinator (Korwil) Jawa Barat – DKI foto bersama di arena Rapimnas, Jumat 27 September 2024. (Foto: Ist)

Mengumpulkan Masukan

“Rampimnas ini menjadi tolak ukur untuk mengenali kendala dan mengumpulkan masukan yang bisa dijadikan solusi dalam memajukan organisasi,” kata Henry.

BACA JUGA: Erick Sebut Terminal LNG Bali Maritime Hadir untuk Ketahanan Pariwisata

Memasuki hari kedua, Sabtu 28 September 2024, akan digelar untuk pembahasan program, sekaligus seminar yang menghadirkan pembicara kementerian RI.

Diantaranya,  Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, serta tokoh nasional dan pengusaha Hasyim Djojohadikusumo.

Seminar ini membahas isu-isu penting terkait ketahanan pangan, ketersediaan makanan bergizi, serta upaya penanggulangan stunting.

BACA JUGA: Perayaan Festival Lentera PSMTI 2024, Melambangkan Kekuatan dan Ketangguhan

Masih kata Johnny Situwanda, Rapimnas, Rakernas, dan HUT ke-26 PSMTI ini menjadi bukti komitmen PSMTI.

Didampingi Ketua Harian I Martinus Johnnie Sugiarto dan Ketua Harian II Djoni Toata, lanjut Johny Situwanda diharapkan rangkaian acara yang akan dilaksanakan bersesuai yang diharapkan.

Yakni, untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa, khususnya dalam isu-isu ketahanan pangan dan gizi.

Disamping itu lanjut, Martinus dan Djoni acara ini juga menjadi wadah untuk berkoordinasi. Dan mensinergikan program kerja antara pusat dan daerah, demi mencapai tujuan bersama. ***

Pos terkait