Bapenda Jawa Barat Beri Diskon Pajak di GIIAS Bandung 2024, Berapa Persen?

Bapenda Jawa Barat
Sri Vista Limbong, Project Director GIIAS menjelaskan spesial program di event GIIAS Bandung, Kamis 12 September 2024. Salah satunya diskon pajak bagi yang membeli kendaraan di event GIIAS 2024 Bandung. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menunjukkan dukungan nyata terhadap industri otomotif tanah air.

Dalam ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024, Bapenda menghadirkan diskon pajak khusus sebagai langkah mendongkrak industri otomotif.

Stimulus ini juga sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

“Tahun ini merupakan kali kedua GIIAS diadakan di Bandung. Setelah melihat respons positif masyarakat tahun lalu, kami optimis tren positif ini akan terulang kembali,” ujar Kepala Bapenda Jawa Barat, Dedi Taufik, di Bandung, Senin 16 September 2024.

BACA JUGA: GIIAS 2024 Segera Menyapa Publik Bandung, Ini Merek-merek Brand Mobil yang Akan Hadir

“Pemerintah siap berkolaborasi dengan siapa pun demi menggeliatkan industri dan menumbuhkan ekonomi,” sambung Dedi.

Sementara itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jawa Barat menempati posisi kedua terbesar dalam sebaran industri otomotif nasional.

Pada periode Januari-April 2024, provinsi ini berkontribusi hampir 16 persen dari total capaian penjualan kendaraan di Indonesia.

Dengan melihat potensi tersebut, Dedi berharap transaksi dan pembelian kendaraan selama GIIAS Bandung bisa maksimal.

BACA JUGA: Henry Husada-Andy F Noya Bertemu di GIIAS 2024, Ini yang Dibicarakan

Pemasukan Pajak

“Dampaknya bisa positif bagi pemasukan pajak yang kemudian dikelola Pemprov Jabar untuk pembangunan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga infrastruktur,” lanjutnya.

Tak hanya berhenti pada GIIAS, Dedi Taufik menegaskan, ke depan, pemerintah siap mendukung berbagai acara serupa yang bisa menggairahkan perekonomian dan industri otomotif di Jawa Barat.

Sedangkan,, Kabid Perencanaan Pengembangan Bapenda Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menambahkan bahwa GIIAS tahun ini menyiapkan relaksasi pajak demi mendorong peningkatan kunjungan dan transaksi.

BACA JUGA: Indonesia Ingin Mengambil Posisi Sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

“Tahun lalu, transaksi di GIIAS Bandung mencapai Rp700 miliar. Tahun ini, kami memberikan diskon 10 persen untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB I). Dan 10 persen untuk pembayaran pajak lima tahunan bagi seluruh warga Jawa Barat,” ujar Dedi.

Seluruh proses pembayaran pajak akan dipermudah dengan sistem digital. Warga cukup memindai e-KTP di mesin yang disediakan di booth Bapenda.

Pembayaran pun dapat dilakukan secara cashless melalui QRIS atau debit, dan bukti pembayaran akan langsung dikirimkan ke WhatsApp dan email wajib pajak.

BACA JUGA: Event Otomotif IIMS 2023 Tawarkan Kendaraan Listrik, Bisa Dibeli Lewat Finance Ini

Sementara itu, Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, menuturkan bahwa Bandung menjadi kota ketiga dalam rangkaian GIIAS 2024 setelah BSD Tangerang dan Surabaya.

“Kami berharap ajang ini bisa menjadi platform bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar produk dan teknologi otomotif terbaru,” ujar Kukuh.

GIIAS Bandung 2024 akan berlangsung pada 25-29 September di Sudirman Grand Ballroom. Sebanyak 18 merek kendaraan roda empat dan dua akan hadir.

Termasuk merek-merek baru seperti BYD, Citroen, GAC Aion, MG, Alva, dan Scomadi.

Adapun merek-merek yang telah meramaikan GIIAS sebelumnya. Seperti Chery, Daihatsu, Honda, dan Toyota, juga akan kembali hadir. ***

Pos terkait