Bey Machmudin Ajak AMSI Jabar Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat

literasi digital masyarakat Jabar
Pj Gubernur Bey Machmudin saat seminar 'Jabar Digital Conference' yang dirangkai pelantikan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat periode 2024-2027 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat 4 Oktober 2024. (Foto: Humas Jabar)

TURISIAN.com –  Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengajak Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat bekerja sama meningkatkan literasi digital masyarakat Jabar.

Menurut Bey, literasi digital penting di era disrupsi guna menangkal penyebaran berita hoaks, misinformasi. Termasuk,  disinformasi yang berpotensi memecah belah bangsa.

“Kami berharap bantuan dari AMSI untuk menjawab hoaks dengan berita-berita yang kredibel dan terpercaya,” ujar Bey Machmudin, Jumat, 4 Oktober 2024.

Pernyataan itu disampaikan Bey saat hadir  di acara seminar ‘Jabar Digital Conference’ yang dirangkai pelantikan pengurus AMSI Wilayah Jawa Barat periode 2024-2027 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung.

BACA JUGA: Singaraja Literary Festival 2023, Tapilkan Pusat Literasi Tertua di Bali

Menurut Bey, literasi digital masyarakat Jabar penting dimiliki,  bukan hanya sekadar bisa mengoperasikan gawai. Namun,  juga perihal keamanan siber (cyber security) agar tidak kena malware yang merugikan pengguna.

Terpenting, kata Bey, AMSI diminta kontribusinya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Bahkan, sampai pada tahapan mampu mencerna, memahami, menilai, dan menimbang informasi yang tersebar dari gawai.

Bey berpendapat, tantangan media siber saat ini adalah untuk bersaing dengan citizen journalism. Tak terkecuali, platform digital (media sosial) non – jurnalistik yang juga menyajikan berbagai informasi kepada masyarakat.

BACA JUGA: Penjabat Bey Machmudin Apresiasi Kegiatan Anak Jabar Sadar Bencana

“Ini tantangan buat kita semua, AMSI harus memastikan setiap pemberitaan tidak hanya cepat. Tetapi,  juga berkualitas dan terverifikasi, karena itu yang sangat ditunggu masyarakat,” katanya.

“Yang terpenting AMSI bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang cepat, akurat, dan kredibel kepada masyarakat,” tambahnya.

Bey menyatakan Pemdaprov akan selalu menjadikan AMSI sebagai mitra terbaik untuk berkolaborasi dalam mengakselerasi berbagai program pembangunan.

“Kami sampaikan selamat kepada pengurus AMSI Jabar yang dilantik. Semoga AMSI ke depan semakin hebat,” tutup Bey. ***

 

Pos terkait