Event Bandung Great Sale Mampu Kantongi Pundi-pundi Hingga Rp 78 Miliar

Event Bandung Great Sale
Selama berlangsung gelaran Bandung Great Sale (BGS) 2024, beberapa produk memberikan diskon hingga 80 persen. (Foto: Dok.Humas Bandung)

TURISIAN.com – Event Bandung Great Sale (BGS) 2024, yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-214 mampu menggerakan roda ekonomi.

Even ini berhasil menjadi ajang yang tidak hanya menggerakkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tetapi juga meningkatkan pariwisata Kota Bandung.

Selama tiga hari, dari 13 hingga 15 September 2024 lalu, perputaran ekonomi dalam ajang ini tercatat mencapai angka fantastis: Rp78,94 miliar.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menekankan bahwa kreativitas menjadi kunci utama dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Event BABY & KIDS EXPO 2024 Kembali Hadir di Kota Bandung, Ini Lokasinya

Terutama di kota yang menggantungkan pendapatan daerah pada sektor jasa dan pariwisata.

“Bandung Great Sale ini adalah hadiah untuk warga Kota Bandung dan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya, belum lama ini.

Ia menambahkan, semangat perayaan HJKB kali ini berfokus pada kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat, selaras dengan visi pembangunan Indonesia-sentris.

Sementara itu, Ronny A. Nurudin, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, menegaskan bahwa penyelenggaraan BGS 2024 sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Bandung.

BACA JUGA: Ada Gelaran Pawai Kendaraan Hias Semarakkan HUT ke-214 Kota Bandung, Wisatawan Cermati Rekayasa Lalulintas Ini

Kereta Cepat Whoosh

Yakni, untuk mendorong pertumbuhan berkualitas di berbagai sektor, termasuk interkonektivitas, keberlanjutan, dan pemerataan ekonomi.

“Tidak hanya UMKM, sektor pariwisata juga merasakan dampak positif,” ungkapnya.

Selama BGS 2024, sebanyak 620 ribu kendaraan melintasi 10 pintu tol menuju Bandung, dan sekitar 85 ribu orang tiba dengan kereta cepat Whoosh.

Di lokasi eksibisi utama di Festival Citylink, yang bekerja sama dengan Blibli, PT KAI, Bank bjb, dan Kimia Farma, transaksi mencapai Rp1,5 miliar.

BACA JUGA: Ragam Kuliner di Kota Bandung, Ini Tempat Dimsum yang Banyak Diburu

Sedangkan, diskon besar-besaran hingga 80 persen ditawarkan di berbagai sektor. Mulai dari 19 pusat perbelanjaan, 62 hotel, 13 restoran dan kafe, hingga 122 UKM dan IKM.

Lebih dari sekadar gelaran belanja, BGS 2024 diharapkan menjadi agenda wisata tahunan yang mampu menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sedanglan, Eric M. Attauriq, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, mengungkapkan harapannya agar di tahun mendatang BGS bisa menghasilkan jumlah wisatawan, omzet, dan transaksi yang lebih besar.

BACA JUGA: 47 Hotel di Kota Bandung Diserang Hacker, Menipu Calon Pemesan Kamar

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini,” katanya.

Kemeriahan BGS 2024 juga dirasakan pengunjung seperti Andira, yang mengaku puas dengan diskon besar-besaran.

“Saya sudah menunggu acara ini. Banyak barang berkualitas dengan harga terjangkau, dan acaranya benar-benar seru,” ujar perempuan 29 tahun itu dengan antusias.

BGS 2024 telah membuktikan diri sebagai ajang yang bukan hanya merayakan ulang tahun kota. Tetapi juga menjadi motor penggerak ekonomi dan daya tarik wisata baru bagi Kota Bandung. ***

Pos terkait