Ponsel Lipat Besutan Huawei Ini Dibanderol 47 Juta, Apa Sih Istimewanya?

ponsel Lipat
Penampakan ponsel lipat Huawei Mate XT Ultimate yang dibanderol seharga Rp 47 Juta. (Instagram/@huaweimobile)

TURISIAN.com – Huawei memperkenalkan inovasi terbarunya, Huawei Mate XT Ultimate, sebagai ponsel lipat tiga pertama di dunia.

Desainnya ramping dan elegan, meski mengusung konsep teknologi yang kompleks.

Menurut informasi dari situs resmi Huawei China, yang dikutip oleh GSM Arena pada Selasa, 10 September, saat terbuka penuh, ponsel ini memiliki layar berukuran 10,2 inci.

Ketika dilipat sebagian, ukuran layarnya menyusut menjadi 7,9 inci, dan saat dilipat penuh menjadi ponsel kompak berukuran 6,4 inci.

Walau desainnya terbilang rumit, Huawei Mate XT Ultimate tetap tipis, dengan ketebalan hanya 3,6 milimeter saat terbuka, dan bobotnya mencapai 298 gram.

BACA JUGA: Spek Mirip Iphone 14, Iphone SE 4 Bakal Dibanderol 7 Jutaan, Ini Kelebihannya

Termasuk pengaturan kamera besar yang diadaptasi dari Mate X5. Layar perangkat ini menggunakan panel LTPO OLED fleksibel dengan refresh rate 120 Hz. Dan mampu menampilkan hingga 10 miliar warna.

Resolusi layar penuh mencapai 3.184 x 2.232 piksel, yang dapat disesuaikan menjadi 2.232 x 2.048 atau 2.232 x 1.008 piksel, tergantung pada konfigurasi lipatannya.

Dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 92 persen dan rasio aspek 16:11 saat layar terbuka penuh.

Untuk produk ini, Huawei mengklaim telah meningkatkan kualitas gambar melalui teknologi “komputasi AI.”

BACA JUGA: GIIAS 2024 Resmi Dibuka Menghadirkan Kemewahan Otomotif, Fasilitasnya Apa Saja?

Sementara itu, di sektor kamera, Mate XT Ultimate dilengkapi pengaturan kamera belakang yang mirip dengan Huawei Mate X5, ditambah fitur dari seri P.

Kamera utamanya beresolusi 50 MP, dilengkapi PDAF dan OIS, serta aperture variabel f/1.4 hingga f/4.0 seperti P60 Pro.

Tak hanya itu, ada lensa telefoto 12 MP dengan zoom optik 5,5x, kamera sudut ultra lebar 12 MP, serta modul autofokus laser.

Sedangkan, untuk kamera depan, perangkat ini menyematkan lensa 8 MP yang bisa digunakan sebagai kamera swafoto saat perangkat dilipat.

BACA JUGA: 7 Tips Libur Sekolah Menggunakan Kereta Api

Komponen Bergerak

Sistem engsel yang dinamai Tiangong—mengacu pada stasiun luar angkasa Chin. Dimana, memungkinkan ponsel ini dilipat dengan mulus tanpa celah.

Baik lipatan ke dalam maupun ke luar, berkat mekanisme trek ganda dan komponen bergerak.

Meski chip yang digunakan belum diketahui, Huawei Mate XT Ultimate dipastikan membawa teknologi kecerdasan buatan serta RAM sebesar 16 GB.

Fitur AI ini mencakup konversi suara ke teks, layar terpisah otomatis, terjemahan dokumen waktu nyata, hingga retouching foto.

BACA JUGA: Operator Telkomsel Ingatkan Serangan Penjahat Siber APK

Ponsel ini juga dilengkapi asisten suara Xiaoyi, yang dikenal secara internasional sebagai Celia.

Huawei Mate XT Ultimate menjalankan sistem operasi HarmonyOS 4.2, berbasis Android Open Source Project (AOSP), tanpa dukungan layanan Google.

Baterainya terdiri atas tiga sel komposit silikon-karbida dengan kapasitas total 5.600 mAh. Sehingga, mendukung pengisian daya kabel 66W, nirkabel 50W. Serta, pengisian daya balik nirkabel dan kabel masing-masing 7,5W dan 5W.

BACA JUGA: Catat Traveller, 2 Tipe Iphone Ini Tak Lagi Bisa Terima WhatsApp

Tersedia dalam pilihan warna hitam dan merah, harga Mate XT Ultimate terbilang premium.

Model dengan kapasitas memori internal 256 GB dibanderol 19.999 yuan (sekitar Rp43 juta), sementara model 512 GB dijual 21.999 yuan (sekitar Rp47 juta).

Untuk varian dengan kapasitas 1 TB, harganya mencapai 23.999 yuan, atau sekitar Rp51 juta. ***

Pos terkait