Antisipasi Liburan, Jangan Lupa Melakukan Ini Supaya Jaga Kenikmatan Perjalanan

kenikmatan perjalanan
Ilustrasi sepasang wisatawan sedang menikmati keindahan pantai. (dok.unplash/Vidar Nordli-Mathisen)

TURISIAN.com – Liburan sering kali menjadi momen yang dinanti. Tetapi tanpa persiapan matang, kenikmatan perjalanan bisa berubah menjadi bencana.

Satu langkah sederhana, namun kerap diabaikan oleh para pelancong, adalah mengambil foto paspor dan koper sebelum bepergian.

Meski terdengar sepele, tindakan ini dapat meminimalisasi risiko. Terutama jika terjadi hal-hal tak terduga seperti koper atau paspor hilang di tengah perjalanan.

Dengan meningkatnya laporan kehilangan bagasi, langkah preventif ini semakin relevan.

BACA JUGA: Traveling ke Gili Trawangan Sorangan, Ikuti Tips Ini

Koper Hilang? Ini Solusinya

Menurut laporan terbaru dari Departemen Transportasi Amerika Serikat, lebih dari 230.000 bagasi dilaporkan hilang. Atau tertunda penanganannya pada Mei 2022.

Setidaknya, 5,6 bagasi per 1.000 pelancong mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ini. Artinya, masalah kehilangan koper bukanlah hal yang jarang terjadi, bahkan di negara maju sekalipun.

Sementara itu, jika koper Anda hilang, maskapai penerbangan berkewajiban untuk memberikan kompensasi sesuai dengan nilai barang yang ada di dalamnya.

Namun, proses ini sering kali memerlukan bukti kuat—dan di sinilah pentingnya foto koper. Bukti visual dapat mempercepat klaim ganti rugi dan memastikan Anda mendapatkan kompensasi yang layak.

BACA JUGA: 7 Tips Libur Sekolah Menggunakan Kereta Api

Dokumentasikan Isi Koper

Sedangkan, selain memotret koper dari luar, ambil juga foto dan video isi koper. Terutama jika Anda membawa barang berharga.

Langkah ini tidak hanya membantu saat proses klaim. Tetapi juga menjadi bukti otentik bahwa barang-barang tersebut benar ada dalam koper saat Anda mengemasnya.

Daniel Durazo, Direktur Komunikasi Eksternal Allianz Partners AS, menyarankan agar setiap pelancong menggunakan smartphone mereka tidak hanya untuk selfie.

Namun, bisa dimanfaatkan untuk mendokumentasikan barang-barang yang dikemas. Foto dan video termasuk detail merek dan kondisi barang, akan menjadi alat pendukung saat klaim asuransi.

BACA JUGA: Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tak Bau Prengus

Apakah Foto dan Video Diakui Sebagai Bukti?

Jawabannya, ya. Sejumlah maskapai besar seperti United Airlines dan American Airlines menegaskan bahwa foto dan video koper.

Termasuk isi di dalamnya, sangat membantu dalam proses klaim jika koper hilang.

Ini juga berlaku untuk asuransi perjalanan. Allianz bahkan merekomendasikan langkah ini sebagai salah satu tips utama agar klaim lebih lancar.

Tak hanya koper, hal serupa berlaku untuk paspor. Dengan memotret atau merekam video paspor sebelum berangkat, kalian dapat meminimalisasi risiko.

Paling tidak jika dokumen penting tersebut hilang sehingga akan mengurangi kenikmatan perjalanan. ***

Pos terkait