Buku West Java Outward Looking Strategy Diluncurkan, Membawa Jabar Go Internasional

West Java Outward Looking
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat memberikan sambutan dalam acara Launching West Java Outward-Looking Strategy di Aula Barat Gedung sate, Kota Bandung, Jumat 23 Agustus 2024. (Foto: Turisian.com/Dok. Humas Jabar)

TURISIAN.com – Masih dalam rangkaian West Java Festival 2024, Buku West Java Outward Looking Strategy diluncurkan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Jumat 23 Agustus 2024.

Lengkapnya judul buku tersebut West Java Outward Looking Strategy – Peta Jalan Kerja Sama Luar Negeri Daerah, sebagai pintuk masuk Jawa Barat Go Internasioal.

Buku West Java Outward Looking Strategy ini dirancang sebagai sebuah konsep peta jalan strategis yang memungkinkan Jabar berperan aktif dalam kancah internasional.

Disamping itu, juga untuk menjalin kemitraan global yang produktif serta menyelaraskan arah pembangunan daerah dengan visi Indonesia emas 2045.

BACA JUGA: Pj Bey Serukan Semangat Perjuangan di Hari Jadi ke-79 Jawa Barat

Sementara itu, penyusunan buku tersebut dilakukan oleh tim dari Biro Otonomi Daerah Setda Jabar untuk menjadi referensi Pemda Provinsi serta pemda kabupaten dan kota.

Khususnya, dalam meningkatkan hubungan luar negeri. Terutama kaitannya dengan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, maupun sektor lainnya.

Bey mengatakan, dalam konteks global yang dinamis, Jawa Barat harus mampu bersaing dan beradaptasi dengan perubahan.

BACA JUGA: Event West Java Festival 2024 Resmi Dibuka, Beragam Produk UMKM Hadir di Gedung Sate

Kerjasama Luar Negeri

Oleh karena itu buku ini akan menggambarkan potensi desain peta jalan kerja sama luar negeri dan daerah.

“Ini akan menjadi panduan dalam pelaksanaan kerja sama luar negeri yang mendukung keberhasilan pembangunan di Jabar,” ujar Bey

Ia menuturkan, Jabar seharusnya bisa lebih maju dari saat ini karena memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Sedangkan kerja sama dengan luar negeri menjadi salah satu cara mengembangkan potensi yang ada.

BACA JUGA: Nonton West Java Festival, Kalian Wajib Bawa Benda ini Ya

“Karena itu kita harus tahu apa yang mereka butuhkan dan Jabar punya banyak potensi. Harusnya kita bisa lebih maju dari sekarang,” ucapnya.

Bey berharap, hadirnya buku West Java Outward Looking Strategy bisa dimanfaatkan dengan baik. Ujungnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Yang penting adalah bagaimana memajukan Jabar dan kesejahteraan masyarakatnya,” sebutnya. ***

 

Pos terkait