Pasar Baru Bandung Gelar Berbagai Kegiatan Sambut HUT RI ke-79, Apa Saja?

Pasar Baru
Seorang peserta donor darah di Pasar Baru Trade Center (PBTC) Kota Bandung, Jawa Barat menunjukkan jarum suntik saat mengikuti kegiatan sosial Donor Darah dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-79 RI. Foto: Turisian.com/Dok. PBTC

TURISIAN.com –  Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pasar Baru Trade Center (PBTC) di Kota Bandung, Jawa Barat, menggelar serangkaian acara yang penuh makna.

Mulai dari aksi sosial berupa donor darah hingga berbagai lomba tradisional yang khas Agustusan. Semua itu digelar demi menumbuhkan nasionalisme.

Sementara itu, Untung BW, Direktur Marketing PT Dam Sawarga Maniloka Jaya, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan arahan Direktur Utama mereka, Rudy Kangdra.

BACA JUGA: Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Jawa Barat Dikukuhkan, Siap Bertugas di HUT Kemerdekaan

“Kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT RI Ke-79. Sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda dan masyarakat. Khususnya, di sekitar Pasar Baru,” ujarnya pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Sedangkan, kegiatan sosial donor darah yang telah menjadi tradisi di PBTC, kali ini memiliki arti tersendiri. Yakni, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan.

Aksi kemanusiaan yang berlangsung pada Senin, 12 Agustus 2024 lalu, diikuti oleh berbagai elemen masyarakat.

Mulai dari warga umum, pedagang, hingga hampir seluruh jajaran manajemen PBTC.

BACA JUGA: Komisi B DPRD Kebumen Lakukan Studi Banding ke Pasar Baru Trade Center Bandung

Irwin Tan, Direktur Operasional PBTC saat mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum dilakukan donor darah. Foto: Turisian.com/Dok.PBTC

Termasuk, Direktur Operasional, Irwin Tan, dan Direktur Keuangan, Michael Sunaryo, turut berpartisipasi bersama karyawan lainnya. Mereka, memperlihatkan kebersamaan dalam semangat nasionalisme.

Donor darah, selain menjadi aksi sosial yang mulia, juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh.

Proses ini tidak hanya menyelamatkan nyawa orang lain. Tetapi juga memberikan keuntungan bagi sang pendonor.

Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, merangsang produksi sel darah merah baru. Hingga membantu mendeteksi penyakit yang mungkin belum terdiagnosis, adalah sebagian dari manfaat kesehatan yang dapat dirasakan.

BACA JUGA: 47 Hotel di Kota Bandung Diserang Hacker, Menipu Calon Pemesan Kamar

Penumpukan Zat Besi

“Donor darah rutin terbukti dapat mencegah penumpukan zat besi yang berlebih. Menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker hati,” kata Untung.

Tak hanya dari segi fisik, manfaat donor darah juga dirasakan secara mental. Tindakan altruistik ini mampu meningkatkan rasa peduli.

Mengangkat harga diri, serta mengurangi stres yang dirasakan, menjadikannya sebagai salah satu bentuk kontribusi sosial yang memiliki dampak luas.

BACA JUGA: Pekan Kerajinan Jawa Barat Diisi Seabrek; Event Menarik, Saatnya ke Kota Bandung

Dibagian lain, rangkaian lomba tradisional khas Agustusan akan digelar secara serentak pada 31 Agustus 2024 mendatang di Pasar Baru Trade Center, Kota Bandung.

Lomba-lomba seperti tarik tambang, balap karung, bakiah, lomba sendok kelereng.

Termasuk,  lomba makan kerupuk, siap memeriahkan suasana dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan yang kental. ***

Pos terkait