PT KAI Perpanjang Relasi KA Blambangan Ekspres, Ini Rutenya

KA Blambangan
(Foto: Dok. PT KAI)

TURISIAN.com – PT Kereta Api Indonesia kini memperpanjang relasi KA Blambangan Ekspres. Dari yang sebelumnya melayani rute Semarang Tawang Bank Jateng – Ketapang pp, menjadi Pasarsenen – Ketapang pp.

Perubahan ini berlaku mulai 26 Juli 2024 untuk keberangkatan dari Ketapang menuju Pasarsenen, dan 27 Juli 2024 untuk keberangkatan sebaliknya.

“Perpanjangan relasi KA Blambangan Ekspres ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan. Sehingga masyarakat Jakarta yang ingin bepergian ke Banyuwangi. Atau sebaliknya, menjadi semakin mudah,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, Jumat 26 Juli 2024.

BACA JUGA: KA Suite Class Compartment Makin Tinggi Pemintanya, Ini Penjelasan PT KAI

Sementara itu, KA Blambangan Ekspres dengan kode 185A akan berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB. Dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 07.15 WIB.

Sedangkan untuk,  KA Blambangan Ekspres dengan kode 186A berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.55 WIB.

Kenyamanan KA Blambangan Ekspres semakin meningkat dengan penggunaan rangkaian eksekutif dan ekonomi new generation versi modifikasi.

BACA JUGA: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Meningkat, Ini Pemicunya

Upgrade ini menggantikan kursi tegak berhadapan dengan 80 tempat duduk. Yakni,  menjadi kursi ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk. Hasilnya, ruang kaki menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursi yang digunakan juga sudah bertipe captain seat. Dimana, memungkinkan pelanggan untuk bersandar lebih nyaman dengan kursi yang bisa diatur kemiringannya (reclining). Serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Wujud Komitmen KAI

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan. termasuk,  masukan dari pelanggan,” ujar Anne.

“Kami  akan  terus meningkatkan pelayanan dan customer experience, sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” sambungnya.

BACA JUGA: 7 Tips Libur Sekolah Menggunakan Kereta Api

Interior kereta juga dimodifikasi agar mirip dengan kereta eksekutif, seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet yang kini lebih mewah dengan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Kereta ekonomi new generation versi modifikasi ini merupakan hasil peningkatan sarana yang dilakukan KAI di Balai Yasa Manggarai. Tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Jakarta Selatan.

“Dengan adanya perpanjangan relasi KA Blambangan Ekspres ini, diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat. Khususnya, dalam  menggunakan kereta api. Utamanya,  di jalur yang dilewati yaitu antara Jakarta hingga Banyuwangi,” tutup Anne. ***

Pos terkait