Desa Wisata Kaduela, Destinasi Potensial Pariwisata Jawa Barat Kini Bertarung di ADWI 2024

Desa Wisata Kaduela
Telaga Biru Cicerem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi unggulan. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Usai mengunjungi Desa Wisata Cisaat, Subang kini giliran Desa Wosata Kaduela di Kuningan, Jawa Barat, yang mendapat kunjungan Menteri Pariwisata Sandaga Uno.

Desa ini diharapkan menjadi salah satu andalan sektor pariwisata di wilayah tersebut. Apalagi setelah dinyatakan masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik. Yakni dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024

Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan kunjungan kerjanya ke Jawa Barat dengan mengunjungi Desa Wisata Kaduela di Kuningan, Jawa Barat, pada Selasa, 23 Juli 2024.

BACA JUGA: PHRI Berharap Pemda Kuningan Persingkat Pengurusan Izin Pariwisata

Desa yang terletak di Kecamatan Pasawahan ini memiliki potensi wisata alam yang memukau. Salah satunya adalah Telaga Biru Cicerem dengan pesona perairan telaga yang berwarna biru alami.

Melihat potensi besar ini, Sandiaga mendorong Desa Wisata Kaduela untuk mempersiapkan diri menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

“Saya berharap Jawa Barat dapat menyumbangkan desa-desa wisata terbaik di dunia. Potensi itu sudah ada,  alam yang indah sudah tersedia. Tinggal digali lagi seni dan budayanya,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:Yuk Kita Piknik ke Batu Luhur Kuningan, Banyak Spot Menarik!

Kolaborasi berbagai pihak

Menurut Sandiaga, untuk memperkuat potensi tersebut, diperlukan kehadiran atraksi, amenitas, dan aksesibilitas yang memadai di Desa Wisata Kaduela.

Ketiga aspek ini harus diwujudkan melalui kolaborasi berbagai pihak.

Selain itu, Sandiaga menegaskan bahwa pihaknya terus memperkuat potensi desa-desa wisata Indonesia di pasar internasional.

BACA JUGA: Peluang Pengembangan Wisata di Kuningan Cukup Tinggi, Bupati Harus Lakukan Ini

“Ajang ADWI ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan desa-desa wisata di pasar nasional maupun internasional,” katanya.

Dalam kunjungan ini, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hariyanto. Kemudian, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso.

Serta Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Florida Pardosi. Turut hadir pula Pj. Bupati Kuningan, Raden Iip Hidayat.

Dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar. ***

Pos terkait