7 Tips Libur Sekolah Menggunakan Kereta Api

Libur Sekolah
Pengguna kereta jarak jauh saat memanfaatkan waktu libur sekolah. Foto: Dok. PT KAI

TURISIAN.com – Libur sekolah adalah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, terutama dengan anak-anak.

Mengajak mereka keluar kota saat libur sekolah dapat memberikan pengalaman baru yang berharga. Salah satu cara yang menyenangkan untuk melakukannya adalah dengan naik kereta api.

Sementara itu, perjalanan dengan kereta api tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan. Tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan yang indah.

Tentu saja,  sambil berinteraksi dengan anak-anak tanpa harus khawatir tentang kemacetan. Atau juga kelelahan karena mengemudi.

BACA JUGA: Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tak Bau Prengus

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat liburan bersama anak naik kereta api menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan:

1. Manfaatkan Aplikasi Access by KAI

Aplikasi Access by KAI memudahkan Anda dalam memesan tiket kereta. Unduh aplikasinya dari Apple Store atau Google Play, lalu masuk dengan nomor ponsel atau akun Google Anda. Pilih tanggal, tujuan, dan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan preferensi Anda. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk layanan tambahan seperti pemesanan makanan, taksi, bus, dan hotel.

2. Pesan tiket kereta jauh-jauh hari

Penting untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI. Atau secara online melalui situs web resmi KAI dan mitra resmi lainnya. Anda dapat memesan tiket hingga 30 hari sebelum keberangkatan.

BACA JUGA: Tips Aman Mendaki Gunung Ala Badan Pendidikan dan Latihan Ekspedisi Atap Borneo

3. Jangan telat datang ke stasiun

Pastikan Anda tiba di stasiun dengan cukup waktu sebelum keberangkatan kereta. Cek jadwal keberangkatan dengan seksama untuk menghindari keterlambatan. Usahakan tiba minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Khususnya di kota-kota besar.

4. Bawa barang bawaan secukupnya

Meskipun Anda naik kereta sambil membawa anak, perhatikanlah barang bawaan yang dibawa. Pilihlah barang-barang yang penting bagi Anda dan tentunya kebutuhan anak selama perjalanan dengan kereta. Hindarilah membawa barang berlebihan yang dapat menyulitkan Anda saat naik dan turun kereta.

BACA JUGA: Traveling ke Gili Trawangan Sorangan, Ikuti Tips Ini

5. Selalu awasi anak Anda

Keselamatan anak adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sebagai orang tua, Anda berkewajiban untuk mengawasi aktivitas anak. Terutama di stasiun dan dalam perjalanan dengan kereta api. Stasiun kereta seringkali ramai dan memiliki aktivitas operasional kereta yang perlu diwaspadai.

6. Manfaatkan fasilitas ramah anak

Bagi orang tua yang memiliki anak-anak aktif dan gemar bermain, tidak perlu khawatir karena di stasiun telah disediakan 36 fasilitas taman bermain anak. Tentu, dengan permainan lengkap yang tersebar di berbagai stasiun wilayah operasional KAI. Anda dapat memanfaatkan taman bermain anak ini sehingga anak-anak tetap merasa nyaman dan gembira.

7. Nikmati kuliner dengan Railfood

Perjalanan dengan kereta api bersama anak bukan hanya sekadar mencapai tujuan, tetapi juga tentang pengalaman menikmati kuliner di dalam kereta. Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena berbagai menu kuliner khas kereta api tersedia selama perjalanan. Anda dapat memesan makanan langsung dari tempat duduk Anda melalui menu “Railfood” di aplikasi Access by KAI. ***

Pos terkait