Festival Pantai Pasir Padi, Merayakan Tradisi Mendirikan Telur di Terik Matahari

Festival Pantai Pasir Padi
Ilustrasi. Teru berdiri. (IG/@vannywidyanti)

TURISIAN.com – Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, kembali bakal disemarakan oleh gelaran Festival Pantai Pasir Padi yang akan berlangsung pada 10 Juni 2024.

Festival ini menjadi ajang tahunan yang menampilkan ragam budaya dan tradisi lokal, dengan tujuan memupuk kerukunan antar suku di daerah ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, mengungkapkan bahwa festival kali ini tetap mengusung tema kerukunan suku yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satu tradisi menarik yang menjadi sorotan adalah mendirikan telur di siang hari, tepat saat matahari berada sejajar dengan garis khatulistiwa.

BACA JUGA: Jembatan Emas Kota Pangkalpinang Jadi Spot Destinasi Kemerdekaan

“Mari kita ramaikan tradisi Peh Cun, salah satunya dengan mendirikan telur,” ajak Lusje kepada awak media di Balaikota, kemarin.

Sementara itu, masyarakat diundang untuk berpartisipasi dalam tradisi unik ini dengan membawa telur mereka sendiri. Dan, mencoba mendirikannya di Pantai Pasir Padi.

Panitia telah menyiapkan area khusus yang mampu menampung ribuan pengunjung yang antusias mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA: Liburan Ke Kota Pangkalpinang, Jangan Lewatkan Destinasi dan Kuliner Enak Ini

Menghias Telur Seroja

Pantai Pasir Padi
Suasana pengunjung saat menikmati keindahan Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang. (ID/@teras_pantaipgk)

Tidak hanya mendirikan telur, festival juga akan diramaikan dengan pertunjukan musik, menghias telur seroja, dan atraksi barongsai.

Festival Pantai Pasir Padi yang kini memasuki tahun kelima pelaksanaannya, menjadi wadah penting untuk mempromosikan kerukunan. Sekaligus memperkenalkan destinasi wisata daerah kepada masyarakat luas.

Pantai Pasir Padi sendiri,  terletak sekitar enam kilometer dari pusat Kota Pangkalpinang. Atau sekitar 20 menit perjalanan menggunakan minibus dari Bandara Depati Amir.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang Bikin Tenang dan Memanjakan Mata

Kawasan ini  menawarkan hamparan pasir luas sepanjang hampir dua kilometer saat air laut surut.

Sedangkan, tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Yakni Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Festival ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antar suku. Serta menarik lebih banyak wisatawan untuk menikmati keindahan dan keunikan budaya di Pantai Pasir Padi. ***

Pos terkait