ASN Runner Collaborun Wonderful Run Momentum Pertumbuhan Sport Tourism

ASN Runner Collaborun Wonderful
Start ASN Runner Collaborun Wonderful Run di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2024). Foto: Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, merayakan kemeriahan ASN Runner Collaborun Wonderful Run sebagai gebrakan monumental.

Acara ini berhasil menyemarakkan dan menghidupkan sport tourism. Khususnya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), sekaligus membuktikan komitmen pemerintah. Yakni,  untuk merangkul dunia pariwisata melalui kegiatan berbasis olahraga.

Dalam kesempatan tersebut,  Sandiaga Uno,  tidak hanya memberikan apresiasi melalui kata-kata. Tetapi turut meramaikan ASN Runner Collaborun Wonderful Run.

Ia ikut ikut langsung  melakukan flag off dan turut berpartisipasi dalam lari yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Minggu, 18 Februari 2024.

BACA JUGA: Bupati Wakatobi Bertekad Ciptakan Banyak Desa Wisata, Ada Dukungan Kemenparekraf

Suasana kebersamaan dan semangat sport tourism begitu kental terasa sepanjang rute tujuh kilometer, melintasi jalur car free day (CFD) kawasan Jalan Sudirman – Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Acara ini sendiri, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bekerja sama dengan komunitas Parekraf Runners, ASN Runners, ASNation, dan ASN Olahraga.

Event ini  menjadi titik terang bagi ASN dari berbagai instansi, termasuk, keberagaman komunitas lari lintas instansi kementerian/lembaga.

Sehingga kegiatan ini menjadi bukti bahwa sport tourism dapat menjadi pendorong semangat dan kolaborasi lintas sektor.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Tren Baru Sektor Pariwisata di 250 Desa Wisata Melalui Program ADWI

Tren Pariwisata

Sementara itu, Sandiaga Uno tidak hanya melihat acara ini sebagai sebuah lomba. Melainkan sebagai dorongan untuk menggelar lebih banyak event serupa secara konsisten.

Selanjutnya, Sandiaga menyampaikan saat ini  sport tourism telah menjadi salah satu tren pariwisata yang menarik minat, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dengan demikian,  diharapkan mampu menggerakan wisnus (wisatawan nusantara) dan mendatangkan wisman (wisatawan mancanegara) sebanyak-banyaknya.”

Dalam pandangan Menparekraf, event sport tourism yang akan meramaikan sepanjang tahun 2024 bisa memberikan dampak positif signifikan.

Utamanya, terhadap target kunjungan wisman sebesar 14,3 juta. Selain juga, target ekonomi kreatif senilai Rp1.300 triliun.

BACA JUGA: Sukses Event Dieng Trail Run, Lomba Lari Bakal Ramai Tahun Depan

Adanya berbagai event bergengsi seperti F1 Powerboat di Danau Toba, MotoGP di Mandalika, triathlon, duathlon, marathon.

Dan, berbagai event olahraga diharapkan akan memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan sport tourism di Indonesia.

Sedangkan ditempat yang sama, partisipasi dr. Tirta, seorang dokter dan publik figur, dalam ASN Runner Collaborun Wonderful Run turut menambah keunikan acara ini.

Tidak hanya itu, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf juga turut ambil bagian dalam larian seru ini. Menciptakan suasana kebersamaan dan semangat olahraga yang menyatu.

Dengan begitu banyak event sport tourism di tahun ini, prediksi Menparekraf terhadap pertumbuhan sport tourism 20 persen di Indonesia bukanlah sekadar harapan kosong.

Keberhasilan ASN Runner Collaborun Wonderful Run menjadi landasan kokoh untuk terus mengembangkan potensi sport tourism sebagai salah satu daya tarik utama.

Khususnya,  dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.

Pos terkait