Pendakian ke Gunung Papandayan Ditutup, Ini Pertimbangannya

Ilustrasi petugas berubaya memadamkan titik api yang membakar hutan. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Pendakian ke Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat masih ditutup untuk umum akibat kebakaran hutan yang terjadi, pada 22 Oktober 2023 lalu.

“Iya, pendakian sementara masih ditutup karena pertimbangan keamanan,” kata Kepala Polsek Cisurupan, Iptu Asep Saepudin, Selasa 24 Oktober 2023.

Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan di Blok Tegal Alun di Gunung Papandayan sempat menggemparkan. Apalagi hingga hari ini, api masih berkobar. Sehingga, memaksa tindakan keras untuk memastikan keamanan serta mencegah meluasnya bencana ini.

Penutupan jalur pendakian pun menjadi langkah bijak untuk melindungi para pendaki dari potensi bahaya dan menjamin keselamatan mereka.

BACA JUGA: Asyiik, The Papandayan Jazz Festival Segera Tiba

Tidak hanya demi keamanan semata, penutupan jalur pendakian ini juga bertujuan untuk memberikan ruang bagi upaya pemadaman yang intensif.

Petugas gabungan yang terlatih dengan baik masih siaga memadamkan api yang tetap membara di dua titik di kawasan hutan secara manual.

Penyebabnya masih misteri

Sementara itu, dalam upaya pemadaman, titik api telah berhasil ditekan. Dan kini hanya tinggal dua titik lagi yang menjadi fokus tim gabungan.

Namun, penyebab pasti dari kebakaran ini masih merupakan misteri, sedangkan luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 100 hektar.

BACA JUGA: 7 Gunung di Pulau Jawa yang Aman untuk Pendaki Pemula

Meskipun pendakian sementara ditutup untuk alasan keamanan dan pemadaman yang sedang berlangsung, berita baiknya adalah bahwa tempat wisata di sekitar Gunung Papandayan tetap beroperasi.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam, lokasi wisata yang terletak jauh dari titik kebakaran masih tetap buka.

Sedangkan Gerbang Taman Wisata Alam Gunung Papandayan tetap ramai dengan wisatawan. Mereka masih  dapat menikmati pesona alam tanpa harus khawatir akan bahaya kebakaran.

Jaraknya yang cukup jauh dari titik kebakaran, sekitar tiga jam berjalan kaki, memberikan jaminan keamanan bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Gunung Papandayan. ***

Pos terkait