KAWS HOLIDAY, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur Hingga 100 Persen

KAWS HOLIDAY
Destinasi wisata Candi Borobudur. (Dok.Unplash)

TURISIAN.com – Eksibisi seni instalasi kontemporer KAWS HOLIDAY  di Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan pada Agustus 2023 telah menciptakan keajaiban.

Salah satunya, tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan itu meningkat tajam hingga mencapai 100 persen lebih.

“Kunjungan ke destinasi TWC Prambanan selama berlangsungnya eksibisi KAWS:HOLIDAY mengalami lonjakan luar biasa. Yakni, sebesar 107,29 persen dibandingkan dengan kunjungan pada 1–18 Agustus 2023,” kata Febrina Intan, Direktur Utama PT TWC, di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, Yogyakarta.

Selama periode eksibisi yang spektakuler ini, rata-rata 9.062 wisatawan berkunjung setiap harinya.

BACA JUGA: Candi Borobudur, Destinasi Spiritual Dengan Target 2 Juta Pengunjung

Tercatat, puncak kunjungan tertinggi terjadi pada Minggu, 27 Agustus 2023, dengan jumlah mencengangkan sebanyak 18.272 wisatawan dalam sehari.

“Total kunjungan wisatawan ke destinasi Candi Prambanan selama periode 19–31 Agustus 2023 mencapai angka yang mengesankan, yaitu 117.808 wisatawan,” tambahnya.

Seniman Kontemporer Amerika

Dengan gemilangnya karya seni instalasi dari seniman kontemporer Amerika Serikat, Brian Donnelly, destinasi ini berhasil memikat perhatian terutama kalangan milenial.

BACA JUGA: Ajang Lari Marathon Rupiah Borobudur Playon, Diikuti Ribuan Pelari Nasional

“Kami bahkan tidak pernah menduga sebelumnya bahwa seni instalasi modern ini akan memiliki dampak luar biasa terhadap jumlah kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Dan menurut Febrina, mereka yang berkunjung ke destinasi Candi Borobudur kebanyakan berusia muda.

“Mereka membagikan pengalaman mereka melalui media sosial, memicu gelombang kunjungan beramai-ramai ke sini,” ungkapnya dengan senyuman.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Menyaksikan Festival Lampion Candi Borobudur, Catat Jadwalnya

Selain itu, Febrina juga menyoroti kolaborasi unik antara “KAWS:HOLIDAY” yang diselenggarakan oleh AllRightsReserved dengan Candi Prambanan.

Representasi dua karya seni dari dua peradaban yang berbeda ini bukanlah sesuatu yang biasa, menjadikannya atraksi yang tak tertandingi di seluruh dunia.

“Kehadiran para wisatawan muda di Candi Prambanan membawa harapan baru untuk mengenalkan lebih dalam mengenai Warisan Cagar Budaya Dunia kepada generasi muda,” pungkasnya. ***

Pos terkait