Siap Sambut Gelaran Balap Internasional, Hotel di Mataram Laris Manis

Balapan internasional
Ilustrasi, balapan motor di sirkuti. (Dok.Unplash)

TURISIAN.com – Menghitung mundur gelaran balap internasional, MotoGP  di Mandalika International Street Circuit pada 13-15 Oktober 2023, hotel-hotel kini ikut diserbu pengunjung.

Beberapa reservasi hotel  di  sekitar Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat terus mengalir. Mereka datang dari  penggemar balap di berbagai penjuru dunia.

Menurut Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM), Adiyasa Kurniawan, situasi di Mataram semakin memanas seiring dengan pendekatan tanggal acara.

Lebih dari 65 persen kamar hotel di kota ini kabarnya telah terpesan oleh penonton-penonton bersemangat yang tak ingin melewatkan euforia MotoGP.

BACA JUGA: Festival Kali Jangkuk, Semarakkan Seni dan Budaya Kota Mataram

Berita baiknya, mayoritas dari pemesanan ini telah dibarengi dengan pembayaran muka sebagai tanda keseriusan.

“Dengan persentase pemesanan yang begitu tinggi, kepastian akan kepenuhan kamar hotel saat gelaran MotoGP adalah suatu hal yang dapat dijamin,” ungkap Adiyasa Kurniawan dengan penuh keyakinan.

Jumlah keseluruhan kamar hotel di Mataram yang mencapai lebih dari 4.000. Baik yang bersifat berbintang maupun yang tak berbintang.

Semua, kini terasa semakin terisi menyambut tamu-tamu istimewa yang menyaksikan balap internasional tersebut.

Pun berdasarkan data yang dimiliki oleh AHM, Mataram telah dikelompokkan dalam ring tiga dalam skala harga selama pelaksanaan MotoGP 2023.

BACA JUGA: Ajang MotoGP Kembali Digelar di Mandalika, Pemda NTB Ingatkan Pengusaha Hotel

Kenaikan Tarif Maksimal

Ini berarti aturan kenaikan tarif maksimal hingga sekitar 300 persen akan berlaku.

“Sejauh pengetahuan saya, batasan kenaikan tarif ini mengarah pada angka 300 persen,” terang Adiyasa, Selasa 29 Agustus 2023.

Namun demikian, Adiyasa menegaskan bahwa pengawasan dan sanksi terhadap pelaku pariwisata yang mematok harga di atas batas maksimal bukanlah wewenang pihaknya.

Kebanyakan hotel menjual kamar-kamarnya melalui agen-agen pariwisata, yang pada akhirnya menentukan harga jual kepada para tamu.

BACA JUGA: Goa Rancang Kencono yang Memukau, Saksi Bisu Perjuangan Tentara Mataram

“Kami memberikan harga maksimal kepada agen, namun kami tidak memiliki kendali atas harga jual agen kepada tamu-tamu,” tegasnya.

Untuk menyambut para tamu MotoGP dengan lebih baik, penjualan kamar hotel telah diatur dalam bentuk paket menginap.

Paket Komprehensif

Paket ini mencakup periode menginap mulai dari Jumat-Senin,  13-23 2023. Dalam skema ini, para tamu akan masuk dan keluar hotel secara serentak, menciptakan atmosfer yang semakin hidup.

Tidak hanya itu, banyak hotel juga menawarkan paket komprehensif yang mencakup tiket menonton MotoGP, akomodasi, transportasi, serta konsumsi lengkap.

BACA JUGA: Serba-serbi Sirkuit Samota, Pembalap MXGP Naik Cidomo, Apa itu?

Dengan penawaran yang semakin menggiurkan ini, tarif hotel pun bisa melonjak tak terduga, bahkan ada yang mencapai Rp7 juta dalam satu paket.

Namun, di tengah euforia ini, Adiyasa berharap agar semua pelaku industri pariwisata dapat bekerja sama dalam menentukan harga yang adil.

Dengan harga yang memuaskan, para tamu MotoGP tidak hanya akan pulang dengan hati gembira.’

Tetapi juga membawa kenangan manis yang mengundang mereka untuk kembali lagi ke Mataram di kesempatan berikutnya. ***

Pos terkait