ASITA Lampung Minta Pemerintah Perbaiki Infrastruktur, Kalau Sektor Pariwisata Ingin Berkembang

ASITA Lampung
Sekawasan Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. (Instagram/@btn_waykambas)

TURISIAN.com – Asosiasi perusahaan perjalanan Indonesia  atau ASITA Lampung menyoroti perlunya perbaikan infrastruktur di lokasi-lokasi wisata. Hal ini penting dilakukan guna meningkatkan kualitas pariwisata di kawasan ini.

“Ketika sektor pariwisata di suatu daerah mengalami peningkatan, dampaknya akan dirasakan pula pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Oleh sebab itu, pemerintah perlu memberian dukungan infrastruktur,” kata Ahmad Al Akhran, Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Lampung, baru-baru ini.

Dengan berkembangnya sektor pariwisata, maka akan berkontribusi dalam mengurangi tingkat kemiskinan, karena ekonomi masyarakat di sekitar destinasi wisata juga akan mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Lampung Marriott Resort and Spa, Harmoni Alam dan Budaya Menawan

Ia  menyatakan bahwa untuk memajukan sektor pariwisata di Lampung, sejumlah perbaikan diperlukan. Termasuk di antaranya adalah penyempurnaan infrastruktur jalan di area wisata.

“Kami sering menerima keluhan dari para wisatawan terkait aksesibilitas infrastruktur yang masih kurang memadai. Terutama di lokasi-lokasi wisata. Ketika terdapat penambahan destinasi wisata baru, perbaikan infrastruktur jalan seharusnya berjalan seiring,” paparnya.

Ahmad menjelaskan bahwa dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, diharapkan investasi di sektor pariwisata akan semakin meningkat karena aksesibilitas yang lebih baik.

BACA JUGA: Desa Wisata Kelawi Lampung, Destinasi Dekat Jakarta Punya Andalan Wisata Bahari

“Masalah dapat timbul apabila banyak investasi masuk ke daerah wisata. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dalam bentuk perbaikan infrastruktur,” ujarnya.

“Hal ini juga akan membantu memastikan bahwa penjualan paket wisata di Lampung tidak mengalami kesulitan dalam proses pemasaran,” sambungnya.

Lanskap Pesisir Pantai

Selain peningkatan infrastruktur jalan, lanjut Ahmad Al Akhran, upaya juga perlu dilakukan untuk menjaga keindahan lanskap pesisir pantai agar dapat menarik minat para wisatawan.

BACA JUGA: Meski Jalanan Rusak, Lampung Punya Banyak Pantai Keren Lho Guys..

“Perhatian khusus harus diberikan pada pemeliharaan pesisir pantai. Terutama pada rumah-rumah warga yang terletak di sepanjang pantai. Sebaiknya ada upaya relokasi untuk memastikan lanskap pesisir tetap terjaga, sehingga dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Lampung,” tambahnya.

Dia  berharap bahwa dengan peningkatan aksesibilitas melalui perbaikan infrastruktur. Dan upaya menjaga kondisi pantai agar tetap teratur dan menarik, para wisatawan akan lebih tertarik untuk memilih Lampung sebagai tujuan wisata.

“Harapan kami adalah peningkatan penjualan paket wisata dan minimnya keluhan terkait aksesibilitas. Sehingga sektor pariwisata di sini dapat menjadi primadona dan para wisatawan akan kembali datang dengan senang hati,” pungkasnua. ***

Pos terkait