DKJ Fest 2023 Digelar dengan Segunang Program Seni, Pengen Liat Keseruannya?

DKJ Fest 2023
Salah satu cuplikan DKJ FEST "KELINDAN : Meretas Kahar Ekosistem Seni" yang berlangsung di TIM Jakarta. (Instagram/@jakartscouncil)

TURISIAN.com – Dewan Kesenian Jakarta Festival atau DKJ Fest 2023, sudah meluncur guys! Pembuakaannya sudah dilakukan di Gedung Trisno Soemardjo, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, sejak Kamis 22 Juni 2023.

Acara keren ini emang jadi trik buat nambah kekuatan ekosistem seni di Jakarta. Maknyus banget, kan lagi suasana hari jadi Jakarta yang ke-496.

DKJ Fest tahun ini ngangkat tema “KELINDAN: Meretas Kahar Ekosistem Seni”. Dengan segudang program seni yang seru, festival ini ngasih jatah istimewa buat Komite Seni Rupa, Komite Film, dan Komite Tari DKJ.

Mereka bakal ngadain serangkaian acara dari tanggal 20 Juni sampe 7 Juli 2023 di Gedung Trisno Soemardjo dan Graha Bhakti Budaya, TIM.

BACA JUGA: Pameran Seni Little Critters, Gratis Tiket Masuk untuk Semua Pengunjung

Ketua Umum DKJ, Danton Sihombing, berharap banget supaya kalian bisa menikmati dan mengapresiasi festival ini. Dia pengen kalian bisa dapet ilmu baru, inspirasi, atau apa pun yang penting buat perkembangan seni di Jakarta.

Pokoknya, ekosistem seni di Jakarta ini harus kuat dan saling bersatu, guys!

Nah, kata “kahar” dalam tema festival ini, Danton bilang, itu artinya situasi darurat yang jadi pelajaran penting buat menyelesaikan masalah dengan bijak.

Sementara “kelindan” artinya benang yang baru dipintal, yang berarti erat menyatu jadi satu. Keren, kan?

BACA JUGA: Mau Nonton Pameran Ghostival, Ini Harga Tiketnya

TIM Konversi

Danton juga bilang, festival seni ini melibatkan banyak komunitas dan terbuka buat semua. Dan festival ini bakal jadi tolak ukur buat ngukur kualitas penyelenggaraan kegiatan seni di Jakarta.

Gak cuma festival biasa, tapi juga jadi acuan buat melihat gimana kesenian dijalankan, terutama oleh DKJ.

Selain itu, DKJ Fest juga jadi pernyataan sikap buat situasi kahar di beberapa ruang seni di Jakarta. Dan tentunya juga jadi pernyataan artistik buat perkembangan seni di Jakarta dari dulu, sekarang, dan nanti.

Situasi kahar yang dimaksud itu adalah masalah-masalah yang muncul sejak pra-revitalisasi, revitalisasi, sampe pasca-revitalisasi fisik TIM.

BACA JUGA: Pameran Survei Museum Macan Bakal Hadir di Indonesia, Ini Jadwalnya

Saat ruang seni kayak TIM dikonversi yang mengancam keberlangsungan eksistensinya sebagai ruang publik, maka keseluruhan ekosistem seni juga terancam.

Danton menyatakan tata kelola ruang seni di Jakarta lagi kacau-balau, terutama karena pandemi COVID-19 dan krisis pasca-pandemi yang bikin banyak hal dalam ekosistem seni terungkap.

“Ada pesan yang pengen kami sampaikan, pertama, kahar itu penting banget buat ruang seni sebagai ruang publik. Contohnya, kasus TIM ini yang jadi bagian dari ekosistem seni ruangannya. Nah, itu berkelindan dan gak bisa dipisahkan, guys,” tambahnya.

Oh iya, guys! Tahun ini, DKJ Fest 2023 siap menghibur kalian dengan berbagai acara seru. Salah satunya adalah pameran Arsip dan Koleksi DKJ yang diberi judul Pekan, Pesta, Festival: Bermula dari Cikini Raya 73.

BACA JUGA: Pameran City of All Bertabur Diskon dari Jaringan Hotel Accor

Maestro Film Indonesia

Kalian bisa lihat koleksi-koleksi keren dari DKJ yang pasti bikin mata kalian terbelalak!

Selain itu, ada juga Pameran Maestro Film Indonesia yang berjudul Silang Visual: Film dan Seni Rupa Grafis. Kalian bakal bisa menikmati karya-karya film dan seni rupa grafis dari para maestro di Indonesia. Pasti seru banget, kan?

Jangan lupa juga ada Pekan Koreografi Indonesia yang akan menghadirkan tarian-tarian keren dan unik dari berbagai penari talenta Indonesia.

Dan buat kalian yang suka diskusi dan sharing ilmu, ada juga sesi diskusi, pemutaran film, dan lokakarya yang bisa kalian ikuti.

BACA JUGA: Helm Keren Harga 100 Ribuan, Buruan Gais ke Jakarta Fair 2023

DKJ Fest 2023 ini gak cuma buat kita menikmati seni, tapi juga buat menunjukkan bahwa kita peduli sama situasi kahar di ruang seni Jakarta.

Kita harus saling bersatu dan menjaga keberlanjutan ruang-ruang seni yang penting ini.

Jadi, guys, jangan lewatkan kesempatan buat datang ke DKJ Fest 2023. Kalian bisa nikmati festival ini tanpa bayar tiket, dan pastinya bakal dapet banyak ilmu, inspirasi, dan hiburan yang bikin hati kita senang.

Yuk, kita dukung dan jaga ekosistem seni di Jakarta dengan merapat ke DKJ Fest 2023! ***

Pos terkait