Taman Nasional Meru Betiri, ‘Surga’ Tersembunyi di Jawa Timur, Lengkap dengan Semua Activity

Taman Nasional Meru Betiri
Para wisatawan mancanegara melintasi sungai di Taman Nasional Meru Betiri. (Instagram/@easjava.tourguide)

TURISIAN.com – Kamu para petualang dan pecinta alam, pasti nggak boleh melewatkan destinasi seru ini nih! Taman Nasional Meru Betiri.

Terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, surga tersembunyi ini cocok banget buat kalian.

Terutama, yang pengen ngelakuin kegiatan keren kayak trekking, camping, atau bahkan pengamatan satwa liar.

Di sini kamu bisa menemukan macan tutul, penyu, elang jawa, banteng, bunga padma dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

Selain itu, Meru Betiri juga punya daya tarik hutan dan pantai yang masih alami dan terjaga keasriannya.

Walau Meru Betiri termasuk wisata alam, jangan khawatir soal fasilitasnya ya. Taman Nasional ini sudah dilengkapi dengan toilet, mushola, jasa guide, jasa armada khusus, dan area parkir.

Sayangnya, fasilitas tersebut hanya tersedia di beberapa titik aja sih, tapi tetap nyaman kok.

BACA JUGA: Berkunjung ke Pura Maospahit Denpasar yang Unik, Arsitekturnya Gaya Jawa Timur

Petualangan Seru

Sekarang, buat kamu yang pengen merasakan petualangan seru di Meru Betiri, ada beberapa kegiatan yang wajib kamu coba:

  1. Menelusuri Hutan yang Asri Merasakan sensasi berpetualang di hutan alami Meru Betiri yang masih terjaga kelestariannya bakal bikin kamu merasa seakan berada di alam liar. Ayo, buruan sewa mobil offroad dan jangan lupa ajakin guide ya biar lebih aman.
  2. Menikmati Keindahan Pantai Eksotis Meru Betiri nggak cuma punya hutan yang indah, tapi juga punya pantai eksotis yang masih alami. Bisa jadi spot buat swafoto kamu juga lho. Dengan kebersihan pantainya yang terjaga, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah banget.
  3. Susur Sungai Seru Yuk, sewa kano dan rasakan pengalaman seru menyeberangi sungai yang ada di Meru Betiri. Mumpung suasana hutan bakau yang asri dan teduh masih ada, jangan lupa abadikan momen-momen seru kamu ya.
  4. Wisata Edukasi Flora dan Fauna Di Taman Nasional Meru Betiri, kamu bisa belajar tentang flora dan fauna yang ada di sana. Selain itu, Meru Betiri juga jadi tempat melestarikan penyu yang terancam punah, jadi jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mengenal dan melestarikan makhluk-makhluk ini ya!

BACA JUGA: Ada 254 Event Jawa Timur Siap Meramaikan Tahun 2023

Satu hal lagi,  kalian yang pengen berkunjung ke Meru Betiri, jangan khawatir soal harga tiket masuknya. Harga tiket masuk ke Taman Nasional Meru Betiri sangat terjangkau.

Yaitu sekitar Rp 7.500 untuk wisatawan lokal dan nasional. Buat wisatawan mancanegara harganya bisa berbeda ya.

Objek wisata ini sendiri buka setiap hari 24 jam. Tapi terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah sekitar pukul 08.00 – 17.00.

Tempat Kuliner

Oh ya, kalian  para millennial yang lagi merencanakan untuk liburan ke Taman Nasional Meru Betiri, jangan lupa untuk mencicipi kuliner enak yang ada di sekitarnya ya!

Ada beberapa tempat makan yang recommended banget, seperti:

  1. Warung Makan Surya Kalo kalian mau nyari makanan yang murah dan enak, Warung Makan Surya bisa jadi pilihan yang pas. Tempatnya simple banget tapi masakan yang disajikan enak-enak loh! Cobain deh menu andalannya, nasi goreng, mie goreng, atau sate ayam yang bikin nagih!
  2. Cafe & Resto Pisang Epe Madura Kalo kalian mau nyobain kuliner khas Madura, Cafe & Resto Pisang Epe Madura bisa jadi pilihan yang pas. Disini kalian bisa nyobain berbagai jenis pisang epe yang lezat dan gurih, lengkap dengan saus kacang dan topping keju atau cokelat yang bikin kamu ketagihan.
  3. Rumah Makan Sari Laut Mau makan seafood yang segar dan nikmat? Coba deh mampir ke Rumah Makan Sari Laut yang ada di sekitar Taman Nasional Meru Betiri. Disini kalian bisa nyobain berbagai jenis hidangan seafood yang fresh dan rasanya mantap, seperti udang goreng tepung, cumi asam manis, ikan bakar, dan masih banyak lagi.
  4. Warung Kopi Khas Jember Buat kamu para pecinta kopi, jangan lewatkan kesempatan untuk nyobain kopi khas Jember yang legendaris di Warung Kopi Khas Jember. Di sini kamu bisa merasakan sensasi kopi hitam yang pahit dan kental, atau coba kopi susu yang creamy dan nikmat.

Nah, itu tadi beberapa tempat kuliner di sekitar Taman Nasional Meru Betiri yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Jangan lupa untuk mencoba semuanya ya! Selamat berlibur! ***

Pos terkait