Tiga Destinasi Baru Surakarta Mampu Dongkrak Wisatawan di Musim Libur Lebaran

Tiga Destinasi Baru Surakarta
Masjid Sheikh Zayed di Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah ini kini menjadi tujuan favorit wisatawan.

TURISIAN.com – Tiga destinasi baru Surakarta, Solo, Jawa Tengah berkontribusi besar dalam mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di musim libur lebaran 2023 lalu.

Ketiga destinasi baru tersebut adalah Masjid Sheikh Zayed, Solo Safari, dan Pracima Tuin.

Angka kunjungan wisatawan domestik ke Kota Solo, dari tanggal 17-29 April 2023 tercatat sebanyak 337.725 orang.

Sedangkan pada kurun waktu yang sama jumlah wisatawan mancanegara mencapai 119 orang.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Gembong Hadi, di Solo, Selasa 2 Mei 2023 mengatakan, angka ini meningkat dibandingkan periode Lebaran bulan Mei 2022.

BACA JUGA: Makanan Khas Solo Legendaris, Cicipi Rekomendasi 7 Kuliner Ini

Dimana selama satu bulan jumlah wisatawan domestik sebanyak 337.943 orang, dengan jumlah wisatawan asing sebanyak 404 orang.

“Dibandingkan dengan tahun lalu lebih meningkat ya. Tahun lalu belum ada tiga destinasi yang menjadi in saat ini, belum ada Pracima Tuin, Solo Safari, Masjid Sheikh Zayed,” katanya pula.

Mengenai target jumlah wisatawan pada tahun ini, katanya pula, meningkat sebesar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Keraton Surakarta Dipastikan Bakal Direnovasi, Apakah Ada Pembatasan Wisatawan?

Pihaknya mencatat pada tahun 2023 untuk wisatawan domestik ditargetkan mampu mencapai sebanyak 1.427.477 wisatawan, sedangkan jumlah wisatawan asing diharapkan sebanyak 4.945 orang.

Lama Menginap

Sementara itu, mengenai length of stay atau lama menginap di Solo, katanya pula, hingga saat ini kenaikannya masih diupayakan oleh Pemkot Surakarta.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menambah atraksi pada malam hari.

“Kalau mengacu dari tahun lalu, itu wisatawan domestiknya ada 1,35 hari rata-rata. Sedang wisatawan mancanegaranya ada 2,51 hari,” katanya lagi.

BACA JUGA: Asyiknya Jalan-jalan ke Taman Jaya Wijaya Surakarta

Disamping itu, menambah titik-titik kuliner yang mampu menarik pengunjung. Solo sendiri, sebetulnya sudah memiliki pusat kuliner.

Diantaranya  adalah sebagai berikut :

  1. Warung Soto Gading: Warung soto yang terkenal dengan kuah beningnya yang segar dan daging ayamnya yang empuk. Terletak di Jl. Gadingan No. 39, Serengan, Solo.
  2. Sate Kambing Pak Janto: Terkenal dengan sate kambingnya yang empuk dan bumbu kacangnya yang lezat. Terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No.10, Sriwedari, Solo.
  3. Tengkleng Hohah: Warung makan tengkleng yang terkenal dengan citarasa kuahnya yang gurih dan lezat. Terletak di Jl. Dr. Radjiman No. 98, Jebres, Solo.
  4. Nasi Liwet Wongso Lemu: Menyajikan nasi liwet dengan aneka lauk pauk khas Solo seperti ayam goreng kremes, telur pindang, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi. Terletak di Jl. Drono No. 4, Jebres, Solo.
  5. Gudeg Mbah Lindu: Menyajikan gudeg yang lezat dengan cita rasa khas Jawa Tengah. Terletak di Jl. Kestalan No. 22, Kerten, Solo  ***

Pos terkait