Pengelola Bandara Bali Targetkan Penumpang Naik Jadi 20,3 Juta Tahun 2023

Bandara Bali
Bandara internasional Gusti Ngurah Rai, Bali. FotoL iStock

TURISIAN.com – Membaiknya pariwisata di tanah air membuat pengelola Bandara Bali. Atau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali merapa optimistis akan terjadi kenaikan penumpang.

Setidaknya, jumlah penumpang sepanjang tahun 2023 meningkat dibandingkan dengan tahun 2022.

Untuk itu, pada tahun 2023, Bandara Bali menargetkan trafik penumpang sekitar 20,3 juta orang penumpang.

Target itu meningkat dari capaian penumpang tahun 2022 yaitu sebanyak 12.522.400 (12,52 juta) penumpang domestik maupun internasional.

“Kami optimistis capaian pada 2023 akan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2022. Mengingat saat ini Bandara Bali melayani rata-rata 45.811 penumpang per hari,” kata General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di Kabupaten Badung, Kamis 9 Februari 2023.

BACA JUGA: Bali Naik Peringkat Kedua Travelers’ Choice Best of the Best 2022

Ia menjelaskan target jumlah penumpang pada 2023 terdiri atas penumpang domestik sebanyak 10,9 juta sedangkan target penumpang internasional sebanyak 9,4 juta orang.

“Dengan target itu, kami yakin pada tahun 2023 ini akan dapat melebihi capaian penumpang di tahun 2022,” kata dia

Handy Heryudhitiawan mengatakan peningkatan jumlah penumpang itu akan terjadi dengan adanya penambahan berbagai rute penerbangan internasional baru dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Airbus A380

Selain itu rencana pendaratan perdana pesawat Airbus A380 pada pertengahan 2023 diproyeksikan dapat menjadi pendorong pertumbuhan lalu lintas udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

BACA JUGA: 210 Turis Asal Tiongkok Akhirnya Mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

“Peningkatan ini didukung juga dengan situasi pandemi di Indonesia yang dapat ditangani dengan baik. Sehingga re-aktivasi penerbangan internasional ke rute-rute baru diharapkan dapat terealisasi di tahun ini,” tambah dia.

Pada bulan Januari 2023 jumlah penumpang yang dilayani di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat mengalami peningkatan sebesar 169 persen. Hal ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada periode itu sebanyak 1.568.793 penumpang datang dan berangkat melalui Bandara Bali. Jumlah itu diyakini sebagai sentimen positif bagi dunia aviasi dan pariwisata, khususnya di Pulau Bali.

“Kami berharap tren kenaikan jumlah pelaku perjalanan udara. Baik domestik maupun internasional di Pulau Bali dapat terus dijaga oleh semua pihak,” kata Handy Heryudhitiawan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengelola Bandara Bali optimistis jumlah penumpang 2023 meningkat. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait