Festival Pecinan Cirebon, Bisa Menjadi Event Tahunan untuk Membidik Wisman

Festival Pecinan Cirebon yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, diharapkan bisa berjalan menjadi sebuah event tahunan.
Ilustrasi. Warga keturunan Tionghoa membawakan kesenian dalam Perayaan Imlek. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Festival Pecinan Cirebon yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, diharapkan bisa berjalan menjadi sebuah event tahunan.

Dengan demikian, event tersebut bisa menjadi daya tarik wisatawan. Tidak saja yang berasal dari dalam negeri, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Selain itu, dengan menampilkan kegiatan tersebut sekaligus bisa terus melestarikan kebudayaan.

“Kami berharap kalau festival pecinan jadi bagian dari kegiatan yang bisa dilembagakan dan dapat kita masukkan ke agenda wisata,” kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, seperti dikutif Turisian.com dari Antaranews, Jumat 3 Februari 2023.

BACA JUGA: Berkunjung ke Gua Sunyaragi, Situs Bersejarah di Cirebon yang Kental dengan Mitos

Agus mengatakan dengan adanya festival pecinan di Kota Cirebon, diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan ke Kota Udang dan bisa menjadi agenda tahunan yang bisa terus digelar.

Ia memastikan pada prinsipnya Pemerintah Kota Cirebon mendukung dan memfasilitasi acara yang baru pertama kali digelar itu

Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah, Agus mengatakan sejumlah perangkat daerah terlibat dalam kegiatan ini.

BACA JUGA: 5 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) secara teknis, juga ada Dinas Lingkungan Hidup yang akan melakukan bersih-bersih di lapangan.

“Dinas Perhubungan yang akan membantu pengaturan lalu lintas selama tiga hari pelaksanaan festival pecinan. Insya Allah Kamis kita akan rapat koordinasi,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya menjelaskan event ini diinisiasi oleh komunitas, dan pemerintah tentu menyambut baik kegiatan tersebut, agar berjalan dengan baik. ***

Pos terkait